PENDIDIKAN KARAKTER: Kamis (19/2/2020) siswi SMPN 1 Cikampek terlihat kompak datang ke sekolah membawa mukena. Siswanya datang berpeci.

CIKAMPEK – Kamis (19/2/2020) siswi SMPN 1 Cikampek terlihat kompak datang ke sekolah membawa mukena. Siswanya datang berpeci. Hari itu, seluruh siswa muslim di sekolah ini dijadwalkan ikut pemibiasaan salat dhuha dan mengaji di masjid sekolah secara berjamaah.
Setiap satu pekan satu kali, SMPN 1 Cikampek memang rutin menggelar pembiasaan untuk siswanya. Setiap minggunya diisi dengan kegiatan yang berbeda-beda. Tak hanya pembiasaan yang khusus untuk keagamaan.
Kepala SMPN 1 Cikampek, Toib mengatakan kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk kebiasaan yang wajib dilakukan oleh seluruh siswa, agar mereka terbiasa melakukannya setelah lepas menjadi murid sekolah itu.
“Kita sengaja berlakukan pembiasaan tersebut agar mereka nanti terbiasa dan melakukan di lingkungan mereka sehari-hari seperti di rumah dan di mana saja,” katanya.
Menurutnya, pembiasaan salat dhuha tersebut bukan hanya bagus dilakukan untuk kehidupan sehari-hari. Melainkan baik dalam menjaga kesehatan tubuh dan dijauhkan dari segala penyakit.
“Banyak banget manfaatnya melakukan salat dhuha selain doa yang kita panjatkan bisa dikabul dengan salat dhuha juga ternyata baik bagi kesehatan tubuh,” tuturnya.

Tak hanya salat dhuha, bahkan kata dia ada beberapa pembiasaan lain yang dilakukan siswa di sekolah di antaranya kata dia pembiasaan menyambut anak dengan 3 S (senyum, sapa, salam), membaca kitab suci Al-Qur’an sebelum kegiatan belajar-mengajar dimulai, serta membaca asmaulhusna dan surat wal asri sebelum jam pulang sekolah.
“Setiap minggu beda temannya, di minggu pertama ada solat duha bersama, minggu kedua senam ceria, ketiga literasi dan keempat jumat bersih,” terangnya.

Sementara salah satu siswi SMPN 1 Cikampek, Sopia = mengaku jika pembiasaan yang kerap dilakukan di sekolah tersebut sudah mulai dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-harinya. Seperti terbiasa melakukan salat di rumah dan saat bermain.
“Karena udah biasa juga kali ya, kalau di rumah juga suka salat, padahal sebelumnya jarang salat dhuha dan alhamdulilah sekarang jadi kebiasan sehari-hari,” ucapnya sambil tersenyum. (oib/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here