TAK TERANGKUT: Problem sampah yang tidak terangkut ini menurut Camat masih bisa diatasi dengan pemilahan dan bank sampah.

*** Camat: Pemasalahan Bisa Diurai
KARAWANG – Camat Karawang Barat, Laminingrum menyebut perjalanan panjang usaha untuk menyelesaikan persoalan sampah rumah tangga masyarakat Kelurahan Tunggakjati mulai menemui jalan keluar. Pasalnya diantara kelurahan lainnya paling sulit mengurai persoalan sampah di Kelurahan Tunggakjati.
“Saat ini kelurahan Karangpawitan, diikuti kelurahan Mekarjati, Tanjungpura, sudah mulai bisa keluar dari masalah penumpukan sampah. Namun, hingga kini khusus Kelurahan Tunggakjati belum juga berjalan terkait pengelolaan sampah rumah tangga sesuai pembinaan dari Pemerintah Kecamatan Karawang Barat,” ungkapnya kepada KBE, Selasa (3/03/2020).
Dikatakannya, sebelum permohonan sampah disampaikan masyarakat Kelurahan Tunggakjati, sewaktu tahun 2018 persoalan sampah pernah menyebabkan keributan antar kelurahan, Kelurahan Mekarjati dan Tunggakjati. 
“Herannya, untuk Mekarjati bisa mengikuti arahan dari kami, entah kenapa untuk Tunggakjati agak sulit,” jelasnya.
Dijelaskan juga, sebagai Camat Karawang Barat dirinya telah mencoba beberapa program kebersihan, mulai dari progran pemilahan sampah dan bank sampah yang sudah terbentuk di kelurahan lainnya.
“Ketua RT dan RW sudah pernah dikumpulkan untuk mencari cari lokasi buat TPSS atau sediakan Bak Sampah berupa bak kontainer,” ucapnya. 
Menerima keluhan warganya, Lasmi langsung mencatat dan mempersiapkan program gerakan bersih bersih kerja bakti dengan masyarakat setempat. 
” Tahun ini, kami pihak pemerintah kecamatan Karawang Barat  melalui Kelurahan Tunggakjati telah mempersiapkan program baru untuk mengatasi permasalahan sampah menggunakan dana DAU melibatkan kelompok masyarakat,” tegasnya. 
Hal senada dikatakan Kasie Eksbang, Agus Pramudiya, secara tegas siap untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat sekaligus menjalankan instruksi Camat Karawang Barat menggelar ulang soaialisasi cara pengelolaan sampah yang digiatkan Pemerintah Kecamatan Karawang Barat.
“Insya Allah kita akan bergerak turun ke lokasi, dan lakukan pembinaan serta sosialisasi,”pungkasnya. (gie/mhs) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here