Warga Karangmaja Ngeluh Drainase Limbah RT

0

KARAWANG- Warga Kampung Karangmaja Babakan Dusun Kalimulya Desa Cengkong Kecamatan Purwasari mengeluhkan tidak adanya drainase yang diperuntukan untuk pembuangan limbah rumah tangga sehingga saat ini kurang lebih 10 rumah tangga berinisiasi membuat penampungan air sementara limbah rumah tangga. 
Salah satu seorang warga kampung Karangmaja Babakan yang tidak mau disebutkan identitas lengkapnya, menuturkan tidak adanya drainase dalam pembuangan limbah rumah tangga berdampak akan kesehatan lingkungan. 
“Kami terkendala pemerintah desa tidak membuat drainase, warga kampung Karangmaja Babakan sangat membutuhkan,” kata AY saat dijumpai oleh KBE (19/3/2022).
“Jauh kurang lebih dari tahun 2010, mereka (warga, red) kesulitan dalam pembuangan air mandi dan cuci, sehingga mereka membuat comberan sehingga lingkungan tidak sehat, itu yang harus diperhatikan,” sambungnya. 
AY menambahkan ketika hujan turun, air hujan tersumbat dan cepat banjir. Kurang lebih 5 rumah yang sering jadi langganan banjir.  “Kemudian air hujan terhambat, ketika datang hujan cepat banjir (naiknya air hujan, red),” kata AY. 
Dirinya mengaku sudah menyampaikan persoalan drainase ke pemerintah desa.  “Kami sudah sampaikan ke pemerintah desa, jawaban dari pemerintah desa, ada salah satu rumah yang tidak mau dilalui drainase air,” kata AY.

AY berharap pemerintah desa dapat menyegerakan pembuatan drainase upaya air penampungan limbah rumah tangga dapat tersikulasi dengan baik. 
“Pemdes harus dapat membangun drainase yang sangat dibutuhkan warga.” pungkasnya. (cr2/mhs) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here