KARAWANG– PKS mulai melempar sinyal tak mau tertinggal gerbong Cellica (Demokrat,Golkar–NasDem) dengan meminta tenaga politik ke NasDem. Hal ini disinyali labtaran jagoannya yang sedari awal disebut-sebut akan dipilih menjadi pendamping Cellica, Aep Sepullah justru belakangan Demokrat dan Golkar kepada media massa blak-blakkan menyatakan komunikasinya belum lancar dengan PKS.
Pilihan PKS meminta bantuan NasDem bukanlah ujug-ujug. NasDem dari awal menjadi partai yang menyatakan kembali mendukung Cellica. Dengan menunjukan kemesraan dengan NasDem diduga PKS sedang membangun kekuatan agar Cellica tetap memilih wakilnya dari PKS bukan dari Golkar yang belakangan juga ternyata menyediakan nama yang disodorkan ke Cellica untuk menjadi wakilnya atau apalagi memilih birokrat sebagai wakilnya.
Pertemuan PKS dan NasDem dilakukan di Kantor DPD PKS Karawang, kemarin (20/2) sore. Ketua DPD Partai Nasdem Karawang Dian Fahrud Jaman memimpin langsung rombongan dari NasDem.
“Ada beberapa poin yang coba kita komunikasikan dan responnya juga sangat baik,” kata Dian.
Meski tak secara gamblang menyebut kesepahaman koalisi dan nama bakal calon yang diusung, Dian tak menampik peluang itu. “Soal calon kita lihat perkembangan ke depan,” tambah Dian.
Sementara itu, Ketua DPD PKS Karawang Dedi Sudrajat mengatakan, pihaknya sepaham dengan Partai NasDem, termasuk peluang koalisi. Hanya saja, PKS juga berpikir rasional jika ngotot berpisah dari Demokrat dan Golkar, tentunya syarat kursi masih kurang.
“Kami berdelapan (PKS 6 kursi Nasdem 2 kursi) menyadari harus mencari (partai) yang lainnya. Sedang kita berdiskusikan bersama yang lainnya nanti dengan siapa lagi,” ujar Dedi.
Ditanya soal Aep Syaepuloh dengan petahana Cellica Nurrachadiana, Dedi dan Dian kompak menjawab komunikasi belum sejauh itu. Keduanya mengaku tengah menjalankan tahapan di internal masing-masing partai. “Pembicaraan ini belum sampai ke sana karena baru pertemuan pertama. Masih banyak yang harus kita persiapkan,” ujar Dedi.
Sebelumnya, PKS mendeklarasikan tiga nama untuk maju di Pilkada Karawang, yakni Aep Syaepuloh, Budiwanto, dan Abdul Hadi Wijaya atau Gus Ahad. Sementara Partai Nasdem condong kepada Cellica Nurrachadiana. (rie/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here