Awasi Penyaluran BLT

0
7

Jika Ada Penyelewengan Jangan Segan Melaporkan

PURWAKARTA– Pemerintah Kabupaten Purwakarta mulai mendistribusikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga terdampak Covid-19. Agar bantuan tepat sasaran seluruh elemen diminta mengawasi pendistribusiannya.
Pendistribusian dilakukan secara simbolis kepada penerima di Kantor Barkorwil yang saat ini menjadi Posko Penanganan Percepatan Covid-19 Purwakarta, Senin (11/5/2020).
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, sebelum pendistribusian dilakukan pihaknya sebelumnya melakukan pemasangan stiker di rumah penerima.
“Hari ini mulai kami distribusikan, total ada 12 ribu kepala keluarga,” ungkap dia. Anne mengaku mengalokasikan anggaran untuk penanganan sosial ini sebesar Rp 24 miliar, untuk membantu masyarakat rawan miskin selama empat bulan ke depan terhitung Mei.
“Per bulan penerima mendapat Rp 500.000 selama empat bulan,” ujar Anne.
Adapun teknis pendistribusian dikirim ke masing-masing penerima melalui kelurahan atau desa setempat, kemudian disalurkan ke penerima. “Dalam dua hari ini, kami targetkan bansos tersebut sudah ditransfer ke masing-masing desa agar segera diserahkan ke masing-masing keluarga penerima,” kata Anne.
Sebelumnya, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Purwakarta menyaakan akan hadir dan mengawasi pembagian bantuan sosial bagi penerima yang terdampak pandemi Covid-19.
Hal tersebut ditegaskan Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kabupaten Purwakarta Kompol Ijang Safei, saat ditemui usai menggelar rapat Rapat Kordinasi dalam rangka pembahasan program kerja Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Purwakarta sesuai prosedur Covid-19 tahun 2020, di Mapolres Purwakarta, baru-baru ini.
“Kami mempersilakan masyarakat untuk melaporkan jika menemukan pungutan liar (Pungli), saat pembagian bantuan sosial (bansos) bagi keluarga penerima manfaat akibat pandemi Covid-19,” ungkap Ijang.
Ia menjelaskan bahwa Satgas Saberpungli Purwakarta di pandemi Covid-19 ini siap mengawal dan memastikan program bantuan pemerintah tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan sistem dan tidak diselewengkan oleh oknum.
“Saat ini, Bantuan sosial bagi masyarakat terdampak covid-19 saat ini sedang didistribusikan oleh Pemerintah. Baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Purwakarta,” imbuhnya.
Bila ada penyelewengan, sambung Ijang, silahkan masyarakat bisa adukan ke Satgas Saber Pungli untuk segera tindaklanjuti.
“Kami yakin tidak akan ada penyelewengan dalam menyukseskan program pemerintah. Pengaduan dapat disampaikan melalui telepon di Nomor (0264) 200633,” tegasnya.
Terlebih saat ini semua, lanjut Ijang, seluruh lapisan masayarakat sedang sibuk dalam pencegahan dan penanganan wabah pandemi coronavirus disease.
“Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh seluruh masyarakat dan telah menggerogoti sendi-sendi perekonomian bangsa,” katanya.
Oleh karena itu, Pemerintah berupaya untuk memberikan perhatian besar dan memberikan prioritas utama untuk menjaga pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat yang terkena dampak covid-19. (san/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here