NAMBAH LAGI: Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Elitasari Kusuma Wardani saat merils update jumlah ODP di Purwakarta.

Jumlah Total 204 Orang

PURWAKARTA– Jumlah Orang Dalam Pemantaun (ODP) kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta kembali bertambah, Selasa (7/4/2020). Sebelumnya, pada Senin (6/4/2020) jumlah ODP mengalami penurunan kasus, dari sebelumnya 209 kasus menjadi 202 kasus.
“Per hari ini ODP kembali bertambah 2 orang, total menjadi 204,” ujar perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Elitasari Kusuma Wardani. Sementara untuk PDP jumlahnya tetap 7 orang dan yang terkonfirmasi positif juga masih 3 orang.
“Hingga saat ini Purwakarta masih dinyatakan relatif aman, karena belum masuk zona merah maupun wilayah transmisi lokal penyebaran virus corona,” kata Elitasari.
Untuk mengatisipasi hal itu sejumlah langkah-langkah antisipasi terus dilakukan oleh Pemkab Purwakarta melalui Gugus Tugas Covid-19.
Di antaranya Dinas Kesehatan tetap melakukan rapid test (pemeriksaan) dan tracing (pelacakan) bagi yang kontak erat dengan PDP. Selain itu, penertiban pada ruas jalan Jalan Veteran, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Ipik Gandamanah juga dilakukan oleh Satpol PP dan Dinas Perhubungan, serta intansi terkait lainnya.
“Kami mengimbau agar warga tetap melakukan jaga jarak (physical distancing) agar tetap aman terhindar penularan Covid-19,” ujar Elitasari.
Sejalan dengan rekomendasi WHO dan anjuran pemerintah pusat, Pemkab Purwakarta juga menyarankan agar masyarakat wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Bagi orang sehat dianjurkan menggunakan masker kain.
Untuk mencegah penyebaran virus corona masyarakat juga diminta tetap menjaga kebersihan masker kain dengan cara mencucinya, setelah maksimal pemakaian selama 4 jam.
Mencuci masker kain hendaknya menggunakan air panas dengan suhu diatas 65 derajat celcius, sehingga efektif membunuh kuman dan virus corona.
Selain itu, gunakan deterjen dan rendam beberapa saat, bilas di bawah air mengalir hingga busa hilang sempurna. Lalu keringkan di bawah sinar matahari atau bisa juga menggunakan pengering panas. Kemudian setrika dengan suhu panas untuk memastikan bakteri dan virusnya mati. (san/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here