BERKURANG: Salah satu pengerjaan proyek jalan di Kabupaten Purwakarta. Tahun ini anggarannya hanya berkisar 49,5 miliar.

Pemkab Cuma Alokasikan 49,4 Miliar

PURWAKARTA- Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengairan (DPUBMP) Kabupaten Purwakarta merilis rencana pembangunan infrastruktur di 2021.
Kepala DPUBMP Kabupaten Purwakarta Ryan Oktavia mengatakan, selain penyelenggaraan jalan dan jembatan, ada sejumlah agenda lain yang akan dikerjakan, yaitu kegiatan peningkatan dan pengelolaan sumber daya air (irigasi), peningkatan dan pengelolaan drainase di sejumlah titik.
“Untuk kegiatan penyelenggaraan jalan dan jembatan terdiri dari beberapa item di antaranya peningkatan pada 17 titik jalan, pemeliharaan berkala, pemeliharaan rutin, trotoar, jembatan dan anggaran tanggap darurat. Dengan alokasi anggaran sekitar Rp 49,5 miliar,” kata dia, Jumat (22/1/2021).
Ia menjelaskan, untuk peningkatan dan pengelolaan sumber daya air (irigasi) ada lima titik daerah irigasi yang rencananya akan dibangun, di antaranya irigasi di Cicalihur, Ciburial, Nangerang, Garokgek dan Ciwangun dengan alokasi anggaran sekitar Rp12,7 miliar.
“Termasuk pemeliharaan dan rehab 40 jaringan irigasi air permukaan. Selain itu, kami juga alokasikan sekitar Rp2,4 miliar untuk peningkatan dan pembangunan drainase pada sejumlah titik,” ujar Ryan.
Diketahui, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis agar keuangan daerah tidak terlalu terganggu secara signifikan.
Salah satu langkah diambil yakni dengan melakukan efisiensi belanja barang jasa dan belanja modal.
Hal ini, juga merujuk pada SKB yang mengamanatkan setiap pemerintah daerah baik itu provinsi maupun kabupaten dan kota untuk melakukan efesiensi. Ryan menambahkan, dengan adanya pandemi pihaknya terpaksa harus turut melakukan rasionalisasi anggaran yang sebelumnya terencana.
Meski demikian pada 2020 lalu, tak urung pihaknya dapat menyelesaikan pembangunan 10 titik jalan di sejumlah wilayah dengan total panjang sekitar 10 KM, sejumlah sistem irigasi dan 1 jembatan yang melibatkan TNI dengan program Karya Bakti TNI.
“Mudah-mudahan apa yang telah kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungikanya. (san/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here