RAPID TEST: Lokasi rapid test di Purwakarta yang menyatakan 32 orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut dinyatakan negatif. Satgaassus Covid 19, melakukan rapid test dengan cara Drive Thru hal itu untuk mempercepat serta sebagai bentuk pencegahan.

Hasil Tes 32 Berstatus ODP Negatif

PURWAKARTA– Tim Satgas Khusus Covid-19 Kabupaten Purwakarta merilis ada penambahan jumlah positif Covid-19 menjadi 2 dari sebelumnya 1 orang.
Perwakilan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, warga yang positif terbaru ini adalah seorang bayi perempuan berusia 3,5 tahun. Pasien positif anyar ini berawal dari ibunya yang berkontak langsung dengan pemilik rumah bersalin yang baru pulang umrah. Bayi tersebut saat ini diisolasi rumahnya dan akan secepatnya mendapatkan penanganan medis.
“Sempat 14 Maret dibawa ke dokter dan membaik tapi hasil uji lab semalam bayi itu positif corona. Sementara Ibu NH dan keluarganya kami tetapkan statusnya menjadi orang dalam pemantauan (ODP),” ungkap dia, Rabu (1/4/2020).
Sementara jumlah ODP bertambah 18 dari sebelumnya 166 menjadi 184 orang. Begitu juga pasien dalam pemantauan (PDP) bertambah 1 dari sebelumnya 4 menjadi 5 orang.
“Perkembangan hari ini dapat disimpulkan positif 2, ODP 148 dan PDP 5 orang,” ujar wibi. Selain itu, Tim Satgas Covid-19 Purwakarta pun mengumumkan hasil rapid test yang dilakukan kemarin terhadap 32 orang hasilnya semuanya negatif. “32 orang kemarin menjalani rapid test hasilnya negatif, dan rapid test akan dilakukan satu hari lagi pada beberapa hari kemudian,” kata Wibi.
Sebelumnya, Satgassus Covid-19 Kabupaten Purwakarta juga melansir hasil rapid test yang dilakukan sebelumnya pada 32 orang yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut dinyatakan negatif.
Dalam pemeriksaan tersebut, Satgaassus Covid 19, melakukan rapid test dengan cara Drive Thru hal itu untuk mempercepat serta sebagai bentuk pencegahan.
“Hari ini juga terus bergelombang sistem Drive thru masih dilaksanakan. Mulai pukul 9.00 wib s.d. 12.00 wib. Sampai nanti dites sebanyak 166 ODP”, ungkap Tim Satgassus Covid 19 Purwakarta dr. Elitasari Kusuma Wardani.
Sedangkan dalam rilis update yang dikeluarkan oleh Satagassus Covid 19, Purwakarta 32 ODP yang telah diperiksa dan menjalani tes dinyatakan negatif.
 “Pemeriksaan rapid test oleh Dinas Kesehatan sesuai protokol penanganan Covid-19 yang dilakukan kepada 32 orang dalam pemantauan hasilnya negatif,” kata Sekretaris Satgassus Covid-19 Purwakarta, Wahyu Wiebisono di Gedung Negara Bale Nagri, Rabu (1/4/2020).
Wiebi juga menjelaskan perkembangan penanganan wabah corona di wilayah Kabupaten Purwakarta, terdapat penambahan pada orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 18 orang, kini jumlah menjadi 184 orang.
“Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlah masih 5 orang. Kami sampaikan juga untuk yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 1 orang, jumlahnya jadi 2 orang. Penambahan yang positif berasal dari Kecamatan Kiarapedes, Balita berusia tiga setengah tahun,” kata Wiebi.
Sebagai catatan, Satgassus Covid-19 Purwakarta juga menyatakan, saat ini kondisi Purwakarta relatif aman, belum masuk zona merah maupun transmisi lokal penyebaran Covid-19.
Sejumlah langkah-langkah preventif dilakukan otoritas untuk pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya, dilakukan pengetatan arus lalulintas memasuki wilayah perkotaan Purwakarta, yaitu penutupan Jalan Veteran hingga Jalan RE Martadinata mulai pukul 19.00-24.00 Wib.
Kemudian, menertibkan pedagang disepanjang Jalan Veteran (Taman Pembaharuan) – Sudirman hingga ke Jalan RE Martadinata (Pertigaan Suryo).
“Kita juga tetap melakukan desinfeksi fasilitas umum dan pemukiman oleh DPKPB dan masyarakat. Dan masyarakat diminta tetap melakukan physical distancing (jaga jarak) agar tetap aman terhindar dari penularan Covid-19,” demikian Wahyu Wiebisono.(san/shn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here