PERISTIWA : Masyarakat yang melintas di jalan Desa Cibogogirang Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta menerjang air yang meluap dari aliran Sungai Cibogo, pada Jumat (15/4/2022).

PURWAKARTA – Meluapnya aliran Sungai Cibogo yang terletak di Desa Cibogogirang Kecamatan Plered, mengakibatkan sejumlah rumah warga yang berada tak jauh dari bibir sungai terendam banjir. Bahkan, puluhan hektar sawah dan kolam ikan pun rata terendam.

Hal tersebut terjadi lantaran hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Purwakarta sejak Jumat (15/4/2022) sore hingga malam.

Selain itu, luapan air sungai Cibogo itu juga menutup jalan Kabupaten penghubung antar Kecamatan tersebut, pada Jumat (15/4/2022).

Pengguna jalan yang akan melintas pun terpaksa dibantu warga melewati derasnya air yang menutup badan jalan.

“Hujannya dari jam 4 sore sampe jam 7 malam, jadi sungai Cibogo ini meluap hingga mengakibatkan banjir,” ucap Iwan (24) salah seorang warga sekitar, saat ditemui di lokasi.

Iwan mengatakan, bencana banjir ini secara tiba- tiba saat dirinya beserta keluarga tengah menanti waktu jam berbuka puasa.

“Awalnya dengar suara gemuruh air semakin lama semakin besar saya pun langsung evakuasi keluarga keluar rumah,” ucap dia.

Hal senada dikatakan, warga lainya, Fauzi (32), dirinya menjelaskan, sungai Cibogo kerap meluap saat hujan deras datang. Namun kali ini kata dia, musibah ini tergolong paling parah.

“Setiap tahun memang sering banjir tapi ini yang paling parah, hingga banyak rumah yang terdampak serat akses jalan pun terendam banjir,” singkat Fauzi. (san/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here