Tempat Wisata Buka

0
17

Polisi Gencarkan Operasi

PURWAKARTA – Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal, sejumlah tempat wisata di Purwakarta mulai dibuka. Pihak Kepolisian di Purwakarta lakukan patroli sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta tindakan kriminal di area wisata.
Seperti halnya dilakukan Polsek Cibatu, Polres Purwakarta yang melakukan pengecek protokol kesehatan di area wisata alam Kampung Kahuripan Cirangkong yang mulai dipadati pengunjung.
Sebelumnya, Jajaran TNI-Polri beserta pemerintah Kabupaten Purwakarta melakukan pengecekan sejumlah fasilitas pendukung standar protokol kesehatan yang disediakan para pengelola wisata.
Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan melalui Kapolsek Cibatu, Ali Murtadho mengatakan, patroli ini merupakan langkah kepolisian dalam upaya mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan di era new normal ini.
“Kami terus lakukan edukasi dan sosialisasi terus di lapangan tentang penetapan protokol kesehatan di era new normal ini. Para anggota juga sudah kami bekali masker. Apabila di jalan menemukan warga tidak memakai masker kami dapat memberi masker sebagai protokol kesehatan,” ungkap Ali, Minggu (28/6/2020).
Selain itu, lanjut Ali, pihaknya bersama Muspika Kecamatan Cibatu mengecek persiapan pengelola wisata dalam menerapkan protokol kesehatan diantaranya penyemprotan cairan disinfektan untuk memastikan lokasi tersebut tetap steril. Lalu, disiapkan tempat pencucian tangan dan hand sanitizer. Tempat wisata juga wajib menerapka physical distancing atau jaga jarak aman.
Dari pantauan di lokasi wisata Kampung Kahuripan Cirangkong ini, sambung dia, sejumlah protokol kesehatan dilakukan pihak pengelola wisata, seperti cek suhu dan pengunjung wajib menggunakan masker.
“Alhamdulillah, pengelola tempat wisata ini sudah menyediakan alat untuk melaksanakan protokol kesehatan. Mulai dari cek point pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, dan tempat mencuci tangan di pintu masuk tempat wisata area ini,” papar Ali
Ali mengaku, pihaknya akan terus melakukan patroli ini untuk mengawal pendisiplinan di dalam penerapan protokol kesehatan di AKB atau new normal di area wisata di kecamatan Cibatu.
“Untuk hari ini (Minggu,28/6/2020)  jumlah Pengunjung yang datang ke tempat wisata alam Kampung Kahuripan Cirangkong ini berjumlah 300 orang,” imbuhnya.
Ali menegaskan apa yang dilakukan semua itu untuk memastika terjaminnya kesehatan dan keselamatan pengunjung akan bahaya virus corona. Jaminan itu sangat penting untuk mendatangkan para wisatawan.
“Polri akan selalu ada ditengah masyarakat untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Semoga wabah ini cepat berakhir dan ekonomi masyarakat juga akan bangkit,”pungkasnya. (san/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here