Siap-siap, Tahun Depan Trio iPhone 5G Memasar

0

APPLE tampaknya mulai merancang smartphone berkekuatan 5G. Tiga iPhone yang mendukung 5G bahkan diperkirakan bakal meluncur 2020 mendatang. Sebagaimana dilansir dari MacRumors, Selasa (30/7), soal kabar trio iPhone 2020 yang bakal menampilkan dukungan 5G datang dari analis bernama Ming Chi Kuo. Dia menyebut bahwa iPhone 2020 bakal membawa teknologi 5G.
Kuo awalnya hanya mengatakan dua dari tiga iPhone saja yang mendapat dukungan 5G dan melenggang pada 2020. Namun kini dia meyakini bahwa Apple akan menawarkan 5G pada semua model untuk lebih bersaing dengan smartphone 5G Android yang berbiaya lebih rendah. Kuo juga menyebut bahwa setelah mengakuisisi bisnis chip modem smartphone Intel, Apple memiliki lebih banyak sumber daya untuk mengembangkan iPhone 5G.
“Kami sekarang percaya bahwa ketiga model iPhone 2020 baru akan mendukung 5G karena alasan berikut. Pertama, Apple memiliki lebih banyak sumber daya untuk mengembangkan iPhone 5G setelah akuisisi bisnis baseband Intel. Kedua, Kami mengharapkan harga 5G Android smartphone akan turun menjadi USD 249-349 atau setara dengan Rp 3,5 jutaan sampai Rp 4,9 jutaan pada 2020,” demikian prediksi Kuo.
Kuo mengharapkan ketiga model iPhone yang akan melenggang 2020 juga mendukung spektrum mmWave dan Sub-6GHz. Namun, iPhone 5G yang hanya mendukung mmWave dan Sub-6GHz dianggap sebagai proyek yang berbeda walaupun memiliki desain faktor bentuk yang sama. Apple juga belum jelas apakah akan meluncurkan iPhone 5G yang hanya mendukung Sub-6GHz untuk memungkinkan harga yang lebih rendah atau tidak.
Sebagai informasi, saat ini sebenarnya ada dua jenis 5G yang berbeda, mmWave dan Sub-6GHz. Teknologi mmWave adalah 5G supercepat yang paling sering dibicarakan. Namun tidak semua jaringan 5G akan menggunakan teknologi mmWave di semua wilayah karena mmWave paling cocok untuk daerah perkotaan yang lebih padat. Di daerah pedesaan dan pinggiran kota, teknologi 5G akan berada di band-tengah dan band-rendah yang disebut sub-6GHz 5G. Ini masih lebih cepat dari 4G, tetapi tidak secepat mmWave. (bbs/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here