PRODUK UMKM : Koperasi Wanita Berkah Mandiri andalkan produksi garam treatment di Desa Tegalsari, Kecamatan Cilamaya Wetan.

Dibantu Dinkop Lewat Progam OVOP

KARAWANG – Program One Village One Product (OVOP) yang digagas Dinas Koperasi (Dinkop) UKM Karawang, mulai dirasakan manfaatnya oleh para pelaku usaha di Karawang.
Salah satunya, Koperasi Wanita Berkah Mandiri yang berada di Desa Tegalsari, Kecamatan Cilamaya Wetan. Melalui program OVOP, koperasi yang digawangi emak-emak itu. Bakal memproduksi garam treatment sebagai produk andalan mereka.
Pengurus Koperasi Wanita Berkah Mandiri, Lela Nurlaela mengatakan produk My Salt atau garam perawatan. Bakal jadi produk andalan koperasi mereka untuk dipasarkan secara luas dengan bantuan program OVOP.
“Selain garam kesehatan, kami juga memproduksi olahan makanan tradisional. Seperti opak, rangginang, juga simping,” terang Lela kepada KBE, selasa (23/3/2021).
Lela menjelaskan, sejak dibentuk pada tahun 2012. Koperasi Wanita Berkah Mandiri selalu mengalami pasang surut pekerjaan. Kata dia, sejak dibina oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Melalui Dinkop UKM dan Dinas Kelautan Perikanan. Koperasi mereka mulai tumbuh pesat.
Melalui pelatihan OVOP, ia berharap ada kemajuan bagi para anggotanya. Khususnya dalam rangka peningkatan kualitas produk dan pemasaran. “Kami ingin punya galeri UMKM sendiri di tingkat kecamatan. Jadi semacam gabungan dari UMKM di Cilamaya gitu. Nanti pemasarannya bisa disitu,” harapnya.
Produksi garam treatment Koperasi Wanita Berkah Mandiri ini tidak bisa diremehkan. Selain sudah terbukti khasiatnya. Garam kesehatan buatan emak-emak Cilamaya ini juga. Sudah membawa ASN Karawang menjuarai banyak penghargaan.
“Produk garam ini sudah menjadi juara di lomba ASN Kreatif tingkat Jawa Barat,” ungkap Lela.
Dengan bantuan alat, pelatihan, serta pemasaran dari Dinkop UKM Karawang. Pihaknya mengku bakal lebih semangat dalam memproduksi produk olahannya itu. “Kami akan berusaha membuat produk yang berkualitas, yang bisa diterima masyarakat juga pasar,” jelas Lela.
“Sehingga diharapkan kesejahteraan anggota koperasi ini. Bisa meningkat dan lebih baik,” pungkasnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here