PENGABDIAN KE MASYARAKAT: PENGABDIAN: Mahasiswa Poltek KP Karawang, foto bersama direktur, dosen, dan kepala Desa Sukakerta, Cilamaya Wetan, saat memulai pengabdian masyarakat. (WAHYUDI/KARAWANG BEKASI EKSPRES)

Pengabdian Mahasiswa Poltek KP Karawang di Daerah Pesisir

Mahasiswa Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Karawang, tumplek di Kampung Nelayan Tangkolak, Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kamis, (21/9).

WAHYUDI, Karawang

BERSAMAdirektur, dosen, hingga kepala prodi (kaprodi), para ahasiswa Poltek KP menggelar kegiatan pengabdian untuk masyarakat. Dengan misi, menjadikan Wisata Bahari Tangkolak jadi lebih maju.

Direktur Poltek KP Karawang, Aef Permadi menuturkan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa Poltek KP di tiga program studi. Diantaranya, mahasiswa prodi Teknik Kelautan (TKL), Teknik Penangkapan Ikan (TPI) dan Teknik Pengolahan hasil Perikanan (TPP).

“Kita gelar berbagai kegiatan di Wisata Bahari Tangkolak, yang sifatnya membantu masyarakat di sekitar tempat wisata ini,” ungkapnya kepada KBE, kemarin.

Aef menambahkan, beberapa kegiatan yang dilakukan selama pengabdian masyarakat disana, diantaranya pelatihan keselamatan nelayan oleh mahasiwa prodi TPI. Kemudian pelatihan mengolah hasil perikanan, menjadi bahan olahan yang memiliki nilai jual. Hingga pemasangan alat penahan sampah dan menanam mangrove, oleh mahasiswa prodi TKL.

“Harapan kami, masyarakar di Tangkolak memiliki visi untuk lebih maju. Sehingga ke depan, Bahari Tangkolak jadi wisata nomor satu di Karawang,” jelasnya.

Sementara, Kaprodi TKL Poltek KP Karawang, Amdani mengatakan, anak didiknya fokus pada pembenahan lokasi wisata mangrove di sana. Hasil kajian mahasiwanya, menarik kesimpulan, bahwa sampah jadi masalah utama di pesisir utara Karawang. Sehingga, memasang alat penahan sampah agar tak memasuki wilayah konservasi menjadi solusi.

“Kita baru memasang 100 meteran lebih, alat penahan sampah ini. Tapi belum selesai, karena tahun depan kita datang lagi, untuk menuntaskan pemasangan alat tersebut,” tuturnya.

Amdani mengatakan, pihak kampus telah bersepakat dengan kepala desa. Untuk menjadikan Bahari Tangkolak menjadi laboratorium desanya Poltek KP Karawang. “Kita satu visi dengan kepala desa dan masyarakat. Ingin Tangkolak lebih baik lagi, lebih maju lagi, dan jadi wisata yang representatif,” imbuhnya.

Kepala Desa Sukakerta, Bukhori menambahkan, atas nama masyarakat Desa Sukakerta, pihaknya mengucapkan terima kasih. Kepada dedikasi Poltek KP Karawang, yang sejak tahun 2016 silam, konsisten membantu masyarakat desa untuk memajukan Wisata Bahari Tangkolak.

“Ini bukan yang pertama, bahkan sudah tiga kali. Pengabdian Masyarakat Poltek KP di gelar di Tangkolak. Outputnya luar biasa, masyarakat kita jadi lebih terampil. Sehingga, membawa perkembangan ke arah yang baik. Sekali lagi, terima kasih,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here