8.879 Pendaftar Gugur SNMPTN Unsika

0

KARAWANG – Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) menerima 839 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020.
Kasubbag Humas dan Kerjasama UNSIKA, Muhamad Riva Arifin mengatakan, jumlah tersebut berasal dari 22 program studi dengan rincian agrobisnis (35), agroteknologi (44), akuntansi (54), farmasi (17), gizi (18), hubungan internasional (18), ilmu hukum (60), ilmu keolahragaan (12), ilmu komunikasi (45), ilmu pemerintahan (44), manajemen (56).

Kemudian, pendidikan bahasa dan sastra indonesia (45), pendidikan bahasa inggris (53), pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (53), pendidikan luar sekolah (26), pendidikan matematika (46), sistem informasi (32), teknik elektro (38), teknik industri (47), teknik informatika (47), teknik kimia (23), dan teknik mesin (26).

“839 calon mahasiswa baru yang lolos merupakan yang terbaik setelah bersaing dengan 8.879 pendaftar lainnya. Karena total pendaftar jalur SNMPTN secara keseluruhan yaitu 9.718 siswa,” ujar Riva, kepada KBE, kemarin (14/4).

Dalam SNMPTN tahun ini, manajemen menjadi program studi yang paling banyak diminati dengan jumlah pendaftar sebanyak 1.240. Sedangkan program studi yang paling minim peminat yaitu ilmu keolahragaan yakni 26 pendaftar.

Selain jalur SNMPTN, Riva mengatakan, UNSIKA juga menerima 150 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2020 yang dikhususkan untuk Fakultas Agama Islam.

“150 calon mahasiswa baru mengisi tiga program studi yaitu pendidikan agama islam (60), manajemen pendidikan islam (50), dan pendidikan islam anak usia dini (40). Pendaftar jalur SPAN-PTKIN berjumlah 3.334 siswa,” ucapnya.

Setelah lolos SNMPTN dan SPAN-PTKIN, Riva menjelaskan, calon mahasiswa baru harus mengikuti prosedur lanjutan seperti wawancara lulusan SNMPTN 2020 khusus calon penerima KIP-Kuliah Kemdikbud, serta pembaruan data diri bagi seluruh lulusan SNMPTN dan SPAN-PTKIN mulai tanggal 9-20 April.
“Wawancara melalui pengisian formulir online di laman https://WawancaraKIPKuliah.unsika.ac.id, pengumuman hasil wawancara akan diinfokan di kemudian hari. Untuk pembaruan data diri di laman https://tinyurl.com/UpdateDataLulusanSNMPTNUNSIKA, cek isian update data diri di https://tinyurl.com/CekIsianSNMPTNUNSIKA, bagi yang tidak update data dalam rentang waktu yang telah ditentukan di atas akan dikenakan sanksi administratif yaitu dikenakan besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) tertinggi,” jelasnya.
Setelah itu, lanjut Riva, calon mahasiswa baru harus melakukan registrasi atau pembayaran UKT semester pertama mulai 27 April hingga 6 Juni 2020. Pembayaran UKT melalui bank yang tercantum dalam surat pengantar pembayaran UKT. Tidak membayar dalam rentang waktu tersebut dapat dianggap mengundurkan diri.
“Surat pengantar pembayaran UKT dapat di download di laman https://snmptn.unsika.ac.id/ukt/ pada 27 April 2020 mulai Pukul 10.00 WIB,” ucapnya.
Langkah terkahir, tambah Riva, mahasiswa baru harus melalukan daftar ulang pada 9 dan 10 Juni 2020 bertempat di Gedung Aula Unsika, pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB dengan melampirkan bukti asli pembayaran UKT, kartu peserta SNMPTN/SPAN-PTKIN 2020, ijazah asli atau SKHUN, slip gaji/surat keterangan penghasilan orang tua dari pemberi pekerjaan/kelurahan, dan fotocopy kartu keluarga.

“Khusus ijazah dan SKHUN, apabila belum terbit dapat membawa surat keterangan lulus asli yang diterbitkan oleh sekolah asal dengan dilengkapi pasphoto ukuran 3 x 4,” katanya. (ayi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here