MEDIA CENTER : DPPKB Karawang launching media senter sebagai sarana KIE program Bangga Kencana kepada warga Karawang. 

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang, semakin serius melakukan edukasi program KB lewat platform digital. Keseriusan itu ditunjukan dengan diluncurkannya media center dan studio podcast DPPKB Karawang yang diberi nama Podcast Beken (Berencana Itu Keren).

KEPALA DPPKB Karawang, Sofiah menuturkan, setelah sukses besar dengan program edukasi lewat media sosial sejak dua tahun lalu. DPPKB Karawang semakin serius menggencarkan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) program Bangga Kencana melalui media sosial. 
Kata Sofiah, media center dan studio Podcast DPPKB Karawang ini, merupakan wujud gabungan inovasi dari kepala dinas, sekertaris, hingga para kepala bidang. Tujuannya, untuk memaksimalkan sosialisasi program KB kepada masyarakat Karawang lewat platform digital. 
“Kami DPPKB Karawang telah melaksanakan perintah Bupati, yaitu membuat inovasi. Podcast Beken merupakan satu kesatuan dari inovasi kami DPPKB Karawang,” ujar Sofiah, jumat (4/3/2022). 
Sofiah menjelaskan, tahun ini DPPKB Karawang memiliki banyak inovasi. Diantaranya, inovasi di Bidang Pelayanan KB ada program Kakarak atau KB Bergerak. Kemudian di Bidang Data dan Informasi akan segera dilaunching Website khusus yang berisi banyak program DPPKB Karawang. Selain itu, ada juga program KIE media sosial milik sekertaris DPPKB Karawang dan masih banyak lagi inovasi lainnya. 
“Tujuan dari semua inovasi ini adalah agar masyarakat Karawang memahami program KB, sekaligus mengajak mereka agar mau ikut mensukseskan program KB di Kabupaten Karawang,” jelasnya. 
Sofiah berharap, tahun 2022 ini seluruh target capaian DPPKB Karawang bisa lebih baik dari tahun lalu. Mengingat, di tahun ini DPPKB Karawang memiliki banyak program yang dirasa cukup baik untuk mendorong tercapainya target akseptor KB. 
“Dengan semakin banyak warga Karawang yang paham pentingnya program KB, diharapkan target capaian akseptor kami lebih baik dari tahun lalu,” ucapnya. 
Di sisi lain, Sekertaris DPPKB Karawang, Imam Bahanan menambahkan, tindakan DPPKB Karawang dalam memaksimalkan edukasi lewat platform digital  bukan tanpa alasan. Kata Imam, saat ini program Bangga Kencana semakin dinamis. Ditambah lagi, mulai tahun 2022 DPPKB Karawang punya tugas baru menurunkan angka stunting. 

Sementara itu, jumlah tenaga lini lapangan semakin berkurang dari tahun ke tahun. Guna mengatasi keterbatasan itu, DPPKB Karawang bakal lebih banyak melakukan edukasi program KB pada masyarakat melalui berbagai macam program digital. 
“Inovasi ini tidak akan berhenti di tingkat dinas saja, kami juga mengajak para penyuluh KB di lapangan untuk aktif terlibat dalam produksi konten digital DPPKB Karawang,” ujar mantan Kabid Pengendalian Penduduk, Advokasi, Data dan Informasi ini. 
“Media center ini sudah dirancang dengan alat yang canggih dan modern, tidak hanya untuk podcast saja, bisa juga digunakan untuk live streaming hingga produksi iklan layanan masyarakat,” jelasnya.
Launching Media Center DPPKB Karawang sendiri dilakukan pada Jumat, (4/3/2022) kemarin, dihadiri oleh seluruh jajaran DPPKB Karawang, Koordinator Satpel KB se-Karawang, dan sejumlah pejabat lain sebagai tamu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here