IPERKA, Usaha Lokal Bersaing di Tingkat Nasional

Sekumpulan pengusaha percetakan Karawang berkumpul dan membentuk perhimpunan dengan nama IPERKA (Ikatan Percetakan Karawang). Sejauh mana kiprah para pengusaha bidang ini bersaing di pasaraan?

EKOKarawang

Grafika merupakan teknologi yang memungkinkan hasil pikiran-pikiran tokoh ratusan bahkan ribuan tahun lalu sampai kepada kita berupa hasil cetakan.
Di Kota Karawang Jalan A Rahman Hakim (Niaga) secara alami sudah terbentuk pasar percetakan, seperti halnya komplek sekitaran Pasar Senen Jakarta.
Di sepanjang jalan berjajar berbagai percetakan dengan berbagai plang nama. Sebelum datangnya Pandemi Korona, pasar percetakan Karawang memang sedang tumbuh-tumbuhnya. Apalagi jika menghadapi tahun politik seperti pileg, pilkades dan pilkada.
Untuk warga Kabupaten Karawang dan sekitarnya saat ini memang tidak usah jauh-jauh yang harus ke Jakarta dan tidak harus mengeluarkan budget transportasi hanya untuk mencetak baligo dan sejenisnya. Cukup ke sepanjang jalur Niaga dan beberapa percetakan Karawang sampai ke Cikampek akan mendapatkan harga yang murah dan bersaing dengan luar Karawang.
IPERKA (Ikatan Percetakan Karawang) berkantor di Jalan Husni Hamid 61 Karawang yang beranggotakan 32 pengusaha percetakan.
IPERKA adalah lembaga atau paguyuban yang berdasarkan izin badan AD/RT Koperasi sejak Tahun 2017. Telah eksis yang telah mengembangkan usaha grafika atau percetakan anggotanya dan pemberdayaan tenaga kerja masyarakat Karawang serta bimbingan teknologi untuk masyarakat muda guna mengurangi pengangguran.
Di usia 4 tahun selalu menjaga kwalitas dan kuantitas kerjasama dengan berbagai pihak pemerintah maupun swasta yang siap menjadi pengusaha lokal bersaing di tingkat nasional.
Didin Sabaruddin.SE, Ketua IPERKA mengatakan, dengan adanya paguyuban ini sesuai rapat anggota berkomitmen saling membantu dengan cara peningkatan omset anggota dan tersedianya toko milik IPERKA. Dengan menjual bermacam-macan kebutuhan penunjang percetakan seperti lem, kertas, tinta, bahan kimia dan perlengkapan cetakan lainya
‘Kosistensi akan tetap kami jaga, kami berhaap pemerintah memperhatikan dan bekerjasama yang baik dengan memaksimalkan pengadaan cetakan di Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang karena melihat kebutuhannya yang besar dengan order presentasi maksimun untuk pengusaha putra daerah ” ujar Didin Bos Pecetakan CMB ini berharap (eko/shl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here