LIMBAH LUAR: Pihak Kepolisian dari dari Polsek Purwasari mendatangi truk yang mengangkut material limbah.

PURWASARI– Mobil truk jenis Fuso bernopol (B 9016 VPA) bermuatan material yang diduga mengandung B3 terperosok di jalan tanggul irigasi PJT Curug -Tamelang Kampung Tamelang, Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari. Saat terpantau KBE, sesudah kejadian tampak material dengan aroma bau menyengat sedang dimuat kembali menggunakan karung.
Indra (23) yang mengaku selaku sopir mobil truk bermuatan material menuturkan, barang tersebut dari perusahaan PT Gunung Langit yang berada di Tangerang, dan akan dibuang ke Purwakarta. Namun ditolak, akhinya dibuang ke wilayah Kecamatan Purwasari, Karawang. Namun belum sampai tujuan mobil truk terperosok dan materialpun tumpah di jalan. Kejadiannya pada Minggu dini hari  (1/3/2020) lalu.
“Saya sopir dan yang bertanggung jawab barang ini kabur, Dali warga Cilamaya, Ini barang dari Tangerang dan akan di buang ke Purwakarta namun di tolak akhirnya saya di arahkan ke wilayah Purwasari, namun nyampe sini pagi jam 5, kendaraan roda atau ban sebelah kanan terperosok dan materialpun tumpah,” papar Indra pada Rabu (4/3/2020)
Sementara pemerhati lingkungan H. Wawan selaku Ketua Jejaring Komunitas Kemitraan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (JK2 LH) DPC Karawang menyesalkan Karawang sudah dijadikan tempat tujuan pembuangan limbah dari Tangerang.
“Kendaraan ini tidak dilengkapi dokumen yang jelas, dan material tersebut diduga mengandung B3, pasalnya dari aroma yang tercium bau menyengat dan bau khas bahwa material tersebut sejenis bau kimia,” ujar Wawan.
Masih kata Wawan, ia akan melakukan pelaporan terkait adanya kejadian kepada dinas dan institusi hukum, pasalnya ini sudah keterlaluan Karawang menjadi lokasi buang limbah.
Wawan menambahkan, pihaknya minta agar kasus ini jangan kembali terulang, maka pihak berwajib agar mengusut tuntas siapa aktor yang membawa sampah berbahaya ke Karawang. (san/shn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here