DIJEMPUT: Seorang ibu asal Dusun Selang, Desa Ciwaringin, Kecamatan Lemahabang, saat dijemput tim medis karena diduga terpapar Covid-19.

Ketika Emak-Emak Desa Ciwaringin Lemahabang Dijemput Tim Medis

Tim medis lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) bergerak ke rumah seorang ibu di Dusun Selang, Desa Ciwaringin, Kecamatan Lemahabang. Kamis, (16/4) kemarin. Kedatangan tim medis di Desa Ciwaringin, mendapat pengawalan dari Polsek Lemahabang. Pasalnya, kehadiran mereka sempat membuat warga sekitar geger.

WAHYUDIKarawang

Menurut kabar yang beredar, emak-emak di Dusun Selang itu baru pulang dari rumah sakit. Pasca melahirkan disana dengan cara sesar. Namun, ia mengalami sesak nafas. Antisipasi Covid-19, ia dilarikan ke rumah sakit di Bandung. Untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ketua LPM Desa Ciwaringin, Rudi mengatakan, emak-emak yang di jemput tim medis lengkap dengan APD itu belum tentu pasien Covid-19. Hal yang dilakukan tim medis, kata Rudi, merupakan bentuk antisipasi sesuai SOP atau protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Ibu itu baru pulang lahiran pasca operasi sesar di salah saru rumah sakit. Kemudian mengalami gejala sesak nafas. Dijemput tim medis untuk dilarikan ke rumah sakit di bandung,” ujar Rudi, kemarin, (16/4).

Rudi mengatakan, dijemputnya emak-emak itu untuk dilakukan pemeriksaan. Serta diharapkan dapat dipastikan, ia terpapar Covid-19 atau tidak. Selain diperiksa kesehatan, kata Rudi, tak menutup kemungkinan ia harus di isolasi.

Masih kata dia, kepada masyarakat, khususnya di Dusun Selang, Desa Ciwaringin, diharapkan tidak cemas dan panik. Pihaknya mengimbau, agar masyarakat tetap waspada. Namun juga bisa saling menenangkan.

“Kita harus saling support dan menguatkan. Waspada boleh, tapi jangan sampai takut yang berlebihan,” imbaunya.

Sementara, Kapolsek Lemahabang, Ipda Priyatno mengaku belum mendapat kepastian soal kabar emak-emak yang dijemput tim medis Kamis, (16/4) siang kemarin.

“Saya juga belum tau itu pasien Covid-19 bukan. Coba saja konfirmasi ke Puskesmas Lemahabang,” ucapnya.

Sementara, sampai berita ini di tulis, pihak Puskesmas Lemahabang belum memberikan balasan terkait penjemputan emak-emak di Desa Ciwaringin tersebut.

Disisi lain, salah satu warga Desa Ciwaringin, Wahyu mengatakan, saat tim medis menjemput ibu itu dengan APD lengkap. Sempat membuat warga geger. Kata dia, mereka khawatir, jika emak-emak itu terpapar. Maka Covid-19 bisa beredar di wilayah kampung mereka.
“Iya takut aja Pak kalau sampai beneran ada yang positif di desa kami. Ini juga anak-anak kita jaga supaya ga keluar rumah dulu,” timpalnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here