Kamu tidak ingin Menanam Dari bibit, Kamu bisa coba Mencangkok untuk Cara Berkembang Tanaman

Berikut cara untuk mencangkok tanaman dari batangnya, mungkin kamu tidak ingin dari bibit di tanamnya kamu bisa menggunakan cara mencangkok untuk berkembang tumbuhannya.

Cara perkembangbiakan tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang kurang lebih sama dengan induknya, atau bahkan lebih baik.

Pengertian cara Mencangkok Tanaman

Proses mencangkok tanaman merupakan proses perkembangbiakan yang cukup sederhana dan mudah. Proses mencangkok tanaman bahkan bisa dilakukan oleh orang yang belum terlalu mengerti soal perkebunan, tetapi dengan syarat orang tersebut memahami langkah-langkah dalam mencangkok.

Oleh karena itu, kebanyakan proses mencangkok menggunakan ranting yang tidak terlalu besar. Mencangkok memiliki tujuan utama untuk menghasilkan buah secara lebih cepat dengan pertumbuhan tanamannya tidak terlalu besar.

Baca Juga: Mungkin ini Penyebab Mengapa Tidak Bisa Cek Nomor Indosat Beserta Cara mengatasinya 

Langkah-Langkah Cara Mencangkok Tanaman

Nah, sebelum melakukan proses cara mencangkok tanaman, ada beberapa hal yang dilakukan dan diperhatikan.

1. Memilih tanaman induk yang akan dicangkok.
Pemilihan ini merupakan langkah terpenting. Baik dan tidaknya hasil mencangkok ditentukan dari pemilihan tanaman induknya. Oleh karena itu, sebelum mencangkok diharapkan untuk memastikan tanaman induk yang akan digunakan dalam mencangkok memiliki mutu dan kualitas yang baik.

2. Memilih ranting atau batang tanaman yang berbentuk lurus.
Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan sebelum memilih batang untuk mencangkok yakni batang tidak terlalu tua atau terlalu muda. Selain itu, batang tanaman yang dipilih harus berbentuk lurus dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Pemilihan batang tanaman di sini memiliki tujuan supaya proses fotosintesis pada tanaman dapat berjalan dengan baik dan bisa mempercepat pertumbuhan akar pada batang tanaman yang dicangkok.

3. Mengupas kulit pada batang tanaman
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam tahap ini adalah mengupas kulit kayu sepanjang 5 cm. Batang atau ranting atau cabang yang akan digunakan harus dikupas bagian kulitnya. Pastikan batang tanaman sudah bersih dari kulit kayu yang menempel.

4. Membersihkan kambium pada batang tanaman
Kambium yang ada pada batang atau ranting atau cabang tanaman harus dibersihkan sekelilingnya dengan pisau terlebih dahulu. Teknik termudah untuk membersihkan kandungan kambium pada batang tanaman adalah dengan meraba bagian batang tanaman. Jika batang tanaman sudah terasa kesat, maka dapat dipastikan batang tanaman sudah bersih dari kambium.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *