Lakukan Tips ini Untuk Mengatasi Sembelit pada Anak!

Kesulitan buang air besar tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sembelit adalah istilah medis untuk masalah pencernaan ini.

Beberapa perilaku mereka dapat mengindikasikan bahwa mereka menderita sembelit. Ketika anakmu mengalami sembelit, kamu dapat melakukan tips sebagai berikut:

1. Mendidik perilaku anak

Teruslah berusaha dengan menanamkan kebiasaan pada anak kamu. Ajari mereka cara buang air besar di pispot dan kemudian biasakan mereka untuk buang air besar setiap hari setelah makan.

Baca juga: Contoh Mengikuti Kegiatan yang Bermanfaat saat di Luar Kelas atau Sekolah Bagi Siswa

2. Konsumsi makanan berserat tinggi

Karena serat menyerap air dan membawanya ke usus besar, feses yang dihasilkan lebih lembut dan lebih besar, membuat gerakan usus jauh lebih lancar dan lebih teratur dari sebelumnya.

Baca juga: Sering Diabaikan, Buah Bengkoang Kaya akan Nutrisi: Mampu Mencegah Penyakit

Biji-bijian, dan beras merah adalah makanan berserat tinggi yang dapat dikonsumsi oleh bayi 1-2 tahun. Sementara bayi 2-5 tahun dan seterusnya dapat memakan semua makanan dengan tambahan apel, stroberi, alpukat, raspberry, brokoli, dan beras porang.

3. Minum banyak cairan

Air dan jus buah adalah cairan yang dapat dikonsumsi balitamu. Jus buah seperti jus plum, pir, atau apel dapat diberikan kepada bayi baru lahir di atas usia empat bulan. Hindari menggunakan jus pisang atau saus apel.

Jus buah sebanyak 2 hingga 4 ons dapat diberikan kepada bayi hingga usia 6 bulan. Untuk menambah makanan mereka, jus harus 100 persen jus apel, prune, atau pir.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *