RAMADAN KBE:Masjid Agung Nurul Hikmah menjadi kebanggaan Kabupaten Bekasi. Di tempat ibadah ini, Anda tak hanya dapat beribadah, tetapi juga menikmati keunikan bentuk bangunan.

Lahan Masjid Agung Nurul Hikmah Cikarang Hibah Pengembang

Masjid Agung Nurul Hikmah menjadi kebanggaan Kabupaten Bekasi. Di tempat ibadah ini, Anda tak hanya dapat beribadah, tetapi juga menikmati keunikan bentuk bangunan.

PENDIRIAN masjid agung tidak hanya di tengah-tengah masyarakat maupun daerah penuh sejarah. Kini tempat ibadah umat Islam juga hadir di komplek perkantoran yang megah untuk para aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat.
Sebut saja, Masjid Agung Nurul Hikmah Cikarang, Masjid Agung Alfathu (Kabupaten Bandung) dan Masjid Agung Baitul Faizin (Kabupaten Bogor).
Nah, kali ini Cikarang Ekspres (KBE Group) berkesempatan menyambangi Masjid Agung Nurul Hikmah yang populer dengan sebutan Masjid Pemda Cikarang.
Merujuk Sistem Informasi Masjid (Simas) Kementerian Agama (Kemenag), Masjid Agung Nurul Hikmah yang dirikan tahun 2004 setelah terjadi pemekaran daerah yang sebelumnya bernama Kota Administratif Bekasi menjadi dua daerah yaitu Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.
Otomatis ibukota Kabupaten Bekasi pun berpindah ke kawasan Deltamas yang terletak di Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi Desa Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat, dan sejak saat itu pula Masjid Agung Nurul Hikmah didirikan di tengah-tengah komplek perkantoran mengahadap ke alun-alun Kabupaten Bekasi.
Masjid Agung Nurul Hikmah memiliki dua lantai bangunan, untuk daya tampung masjid sekitar 2000 jemaah. Di mana, lantai atas untuk jemaah perempuan dan bawahnya jemaah laki-laki.
Hiasan kaligrafi di kubah masjid, kalimah Asmaul Husna dengan khat huruf Arab yang tertulis indah menjadi daya tarik Masjid Agung Nurul Hikmah.
Usut punya usut, kompleks perkantoran Pemkab Bekasi itu dirancang berdiri di atas lahan seluas 40 hektar yang dihibahkan oleh pengembang kawasan industri Deltamas.
Dari areal 40 hektar itu, 25 hektar akan digunakan untuk areal perkantoran, sisanya untuk perumahan pejabat dan areal perdagangan (komersial), ke depannya juga akan dibangun terminal antarkota dan antar provinsi, rumah sakit pemerintah, arena pekan raya Bekasi, Islamic Center, hingga taman makam pahlawan.
Selain ASN dan pejabat, Masjid Agung Nurul Hikmah kerap dimanfaatkan para karyawan dan buruh di perusahaan Deltamas untuk beribadah. Bahkan tiap salat Jumat, para pedagang UMKM pun membanjiri jalan menuju masjid agung tersebut.
Di luar jam kerja seperti Sabtu-Minggu, suasana masjid pun sepi dan sunyi dari jemaah.
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja sebelum melaksanakan Safari Ramadan ke masjid-masjid di wilayah Kabupaten Bekasi.
Ia bersama Forkompinda membersihkan Masjid Agung Nurul Hikmah untuk jemaah salat lima waktu termasuk salat tarawih.
Bupati Eka kembali berpesan agar masyarakat tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh instansi terkait, meskipun tahun ini kegiatan beribadah sudah diperbolehkan.
“Dulu, aktivitas kita sangat dibatasi akibat adanya pandemi, termasuk dalam beribadah. Alhamdulillah di bulan suci Ramadan kali ini, kita bisa kembali sholat berjamaah, sholat tarawih dan beraktivitas bersama di masjid. Tetapi kita tetap harus  menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M,” tukas dia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here