Biasnya para pembisnis dan pengusaha pastinya mencari klain, Anda wajib mengetahui cara mendapatkan klien secara tepat supaya perusahaan Anda dapat berjalan dan terus berkembang. Apalagi jika Anda bergerak dalam bidang jasa, diperlukan kiat-kiat khusus untuk menarik minat klien agar mau menjalin kerja sama.
Apakah konsultan bisnis digital, hukum, parenting, atau yang lainnya? Cara ini akan membuat Anda lebih dikenal secara spesifik sehingga memudahkan Anda dalam menentukan calon klien, sekaligus memudahkan calon klien dalam memberikan penilaian terhadap jasa yang Anda tawarkan.
10 cara efektif untuk mendapatkan klien bagi perusahaan jasa
Nah, berikut ini adalah 10 cara efektif untuk mendapatkan klien bagi perusahaan jasa. Sangat cocok untuk Anda yang baru saja merintis usaha, maupun yang sudah lama berkiprah di sana.
Terapkan Freelance Platform Hack
Baca Juga:Hal yang Perlu Ibu Perhatikan! Mensterilkan Dot Si Kecil, serta Cara Tepat Membersihkan Dot BayiWajib Tahu!.. Cara Tepat Membersihkan Dot Bayi, Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC)
Cara mendapatkan klien ini mengacu pada kegiatan menawarkan jasa dari perusahaan di platform-platform freelancer. Di sini Anda berperan sebagai freelancer penyedia jasa tertentu, dan jika ada pihak yang membutuhkan, maka ia akan menghubungi. Anda pun mendapatkan klien.
Bangun Referral Systems
Jangan hanya menunggu orang lain untuk mereferensikan jasa Anda kepada pihak lain. Namun, bangunlah sistem referral yang terstruktur. Hal ini bermanfaat untuk memastikan bahwa orang-orang yang memakai jasa Anda akan mereferensikan kepada pihak lain.
Untuk itu, dibutuhkan strategi yang tepat. Salah satunya dengan memberikan suatu keuntungan, misal poin yang dapat ditukar dengan uang, bagi siapa saja yang berhasil mendapat klien baru dengan referral-nya.
Datangkan Cold Traffic
Cold traffic adalah cara mendapatkan klien secara umum. Di sini, Anda menawarkan jasa kepada orang-orang yang tidak dikenal sama sekali. Metodenya bisa menggunakan brosur, Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan sebagainya.
Tawarkan Loss Lead Strategy
Selain melalui existing relationship, seperti kenalan dan penyedia layanan yang pernah digunakan, Anda bisa mendapat klien dengan loss lead strategy.
Artinya, Anda menawarkan jasa kepada orang-orang yang sama sekali tidak dikenal secara gratis, tetapi dengan syarat mereka bersedia mereferensikan jasa Anda kepada setidaknya dua orang lainnya.