Kaki Sering Kesemutan yang Lama Saat Duduk? Apa Penyebabnya, Apakah Berbahaya Jika Dibiarkan

Kaki Sering Kesemutan yang Lama Saat Duduk? Apa Penyebabnya, Apakah Berbahaya Jika Dibiarkan
0 Komentar

Pada beberapa kasus, kaki yang sering kesemutan bisa menjadi suatu tanda adanya penyakit tertentu, terlebih lagi jika berlangsung dalam waktu yang lama dan disertai dengan gejala lain. Karenanya, Anda tetap perlu waspada.

Ada beberapa faktor dan penyebabnya kenapa kamu sering kesemutan dalam jangka yang lama, dalam kondisi tertentu pun mungkin kamu pernah mengalaminya.

Umumnya, kaki kesemutan bukanlah suatu kondisi yang mengkhawatirkan. Kondisi ini biasanya dialami seseorang ketika terlalu lama berlutut atau duduk bersila.

Baca Juga:Jangan Bingung Cari Bakso Yang Enak, Cobain Tempat Makan Bakso Yang Hits Terkenal Di Karawang Enak GurihResep Bakso Vegetarian Tanpa Daging, Bahan Gampang Di Rumah Pake Tempe, Tahu, dan Ikan

Kaki kesemutan adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Kesemutan atau dalam istilah medis disebut parestesia biasanya ditandai dengan rasa kebas serta muncul sensasi seperti tertusuk jarum namun cukup ringan. Kondisi ini paling sering terjadi pada bagian kaki dan tangan.

Kesemutan pada kaki terkadang membuat penderitanya kesulitan berjalan untuk sementara waktu. Namun, pada kondisi normal, kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat dengan mengubah posisi kaki atau menggerakkannya.

Namun, apabila kesemutan terjadi terlalu sering disertai gejala lain, kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa saja menjadi tanda adanya penyakit tertentu, seperti:

Kekurangan Vitamin B

Kaki sering kesemutan juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B1, B3, B6, dan B12. Pasalnya, beberapa vitamin tersebut berperan penting dalam menjaga fungsi saraf.

Untuk mengatasinya, mulailah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin B, seperti ikan salmon, daging sapi, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Mengalami Cedara Sendi

Cedera sendi juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa kaki sering kesemutan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas fisik berulang tanpa jeda sehingga menyebabkan otot-otot nyeri dan menegang. Selain itu, terlalu lama duduk di depan komputer juga dapat memicu cedera sendi dan memunculkan gejala kesemutan.

Terjadi Saraf Terjepit

Apabila Anda bertanya-tanya mengapa kaki sering kesemutan, mungkin saraf kejepit adalah salah satu penyebabnya. Saraf kejepit biasanya berasal dari cedera atau pembengkakan yang tidak diketahui secara pasti pemicunya. Selain itu, kurang aktif bergerak juga bisa menyebabkan terjadinya saraf terjepit.

0 Komentar