Jangan Cabutin Uban Nanti Malah Tambah banyak? Fakta atau Mitos Menurut Para Pakar Kesehatan

Jangan Cabutin Uban Nanti Malah Tambah banyak? Fakta atau Mitos Menurut Para Pakar Kesehatan
0 Komentar

KBEONLINE.ID-  Fakta atau mitos Ternyata jika mencabut uban memang akan menghilangkan uban, tetapi itu hanya sementara, Folikel rambut yang masih hidup akan menghasilkan rambut baru lagi dan menggantikan uban yang dicabut.

Tumbuhnya uban atau rambut berwarna berwarna putih keabuan adalah permasalahan yang banyak dialami, baik pada wanita maupun laki-laki.

Sebagian dari kita mungkin pernah menemukan adanya rambut putih atau uban. Beberapa bertanya, fakta atau mitos benarkah mencabut uban bisa bikin uban menjadi tambah banyak?

Baca Juga:Fakta UNIK Nya Negara Yang Satu-satunya Tanpa Nyamuk Itu Islandia! Kenapa Kok Bisa, Ternyata Ini AlasannyaPerlu Kamu Ketahui 10 Fakta Unik Yang Ada Di Dunia Yang Jarang Terjadi Cek Selengkapnya No 5 Ini Belum Pernah Terjadi

Rambut memiliki siklus natural, di mana seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan lebih sedikit pigmen warna. Folikel rambut sendiri merupakan tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala.

Folikel rambut yang menua akan menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati. Ketika uban muncul, ada dua hal yang mungkin dilakukan, diabaikan atau dicabut.

Dikutip dari Indian Express, menurut dr Priyanka Reddy, pendiri dan dermatolog di DNA Skin Clinic menjelaskan bahwa memutihnya rambut disebabkan oleh berkurangnya pigmen melanin pada tubuh, di mana pigmen inilah yang memberikan warna pada kulit dan rambut.

“Hal ini terjadi seiring bertambahnya umur dan tak dapat dihindari. Banyak anak muda yang juga mengalami, bila mereka memiliki keturunan karena genetik juga mempengaruhi produksi melanin,” jelas dr Reddy.

Pertumbuhan rambut putih ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman atau tidak percaya diri. Tak jarang juga membuat orang mencari cara untuk menghilangkan rambut-rambut ini dengan mencabut atau menyemir rambut.

Namun, di balik itu semua, masih banyak orang yang khawatir bahwa mencabuti uban dapat membuat pertumbuhannya semakin banyak. Lantas, apakah benar mencabut uban malah membuatnya semakin banyak?

dr Reddy menjelaskan bahwa hal tersebut adalah mitos. Mencabut uban tidak akan membuat rambut di sekitarnya ikut memutih karena proses memutihnya rambut terjadi ketika melanin pada satu rambut tersebut terdampak.

Baca Juga:Hati-hati dengan Orang yang Suka Beradu Domba, Ketahuilah 10 Ciri Orang LicikAda 20 Sifat Negatif Yang Ada Di Manusia Yang Perlu Kamu Ketahui

“Mencabut satu rambut putih tidak akan membuatnya tumbuh lebih banyak, karena hanya ada satu rambut yang bisa tumbuh dari satu folikel,” jelas Reddy.

0 Komentar