Jangan Sepelekan Mencabut Uban dapat Menyebabkan Masalah Pada Rambut: Berikut Dampak Negatif Mencabut Uban

Jangan Sepelekan Mencabut Uban dapat Menyebabkan Masalah Pada Rambut: Berikut Dampak Negatif Mencabut Uban
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Walau terkesan sepele, mencabut uban dapat menyebabkan sejumlah permasalahan rambut, yaitu: Infeksi
Salah satu dampak pada pencabutan uban adalah infeksi pada folikel dan timbulnya pustula atau benjolan kecil pada kulit yang mengandung cairan atau nanah.

Proses penuaan menyebabkan penurunan produksi pigmen melanin, yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata. Akibatnya, rambut kehilangan warna aslinya dan menjadi abu-abu atau putih, yang umumnya dikenal sebagai uban. Pengaruh genetik juga memainkan peran dalam proses ini.

Rambut memiliki siklus natural, di mana seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan lebih sedikit pigmen warna. Folikel rambut sendiri merupakan tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala.

Baca Juga:Jangan Cabutin Uban Nanti Malah Tambah banyak? Fakta atau Mitos Menurut Para Pakar KesehatanFakta UNIK Nya Negara Yang Satu-satunya Tanpa Nyamuk Itu Islandia! Kenapa Kok Bisa, Ternyata Ini Alasannya

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait mencabut uban atau rambut putih, dilansir berbagai sumber:

– Ketidaknyamanan: Mencabut uban bisa menjadi tidak nyaman atau menyakitkan karena akar rambut mungkin lebih lemah pada uban dibandingkan pada rambut berwarna.

– Iritasi Kulit: Mencabut rambut secara berulang dapat menyebabkan iritasi kulit atau infeksi pada folikel rambut.

Dampak Negatif Mencabut Uban

Walau terkesan sepele, mencabut uban dapat menyebabkan sejumlah permasalahan rambut, yaitu:

Infeksi

Salah satu dampak pada pencabutan uban adalah infeksi pada folikel dan timbulnya pustula atau benjolan kecil pada kulit yang mengandung cairan atau nanah.

Selain itu, pencabutan secara terus-menerus dapat menyebabkan trauma, luka, hingga pembengkakan pada bagian yang dicabut.

Kerontokan hingga kebotakan

Rambut yang terus-menerus dicabut dari sebuah folikel dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan rambut pada folikel tersebut. Hal ini tak menutup kemungkinan menyebabkan kerontokan hingga berhentinya pertumbuhan rambut secara permanen.

Baca Juga:Perlu Kamu Ketahui 10 Fakta Unik Yang Ada Di Dunia Yang Jarang Terjadi Cek Selengkapnya No 5 Ini Belum Pernah TerjadiHati-hati dengan Orang yang Suka Beradu Domba, Ketahuilah 10 Ciri Orang Licik

Kondisi ini juga banyak dikenal dengan sebutan traction alopecia, yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh adanya penarikan akar rambut dari dasar kulit secara berulang kali.

Trikotilomania

Kebiasaan dalam mencabut uban juga dapat berdampak pada terjadinya trikotilomania atau kondisi di mana seseorang memiliki dorongan yang tak tertahan untuk mencabuti rambutnya sendiri.

0 Komentar