Jika Kamu Berjanji Namun Ingkar Itu Salah Satu Sifat Ciri Orang Yang Munafik Ketahuilah Tanda-tanda Orang Munafik

Jika Kamu Berjanji Namun Ingkar Itu Salah Satu Sifat Ciri Orang Yang Munafik Ketahuilah Tanda-tanda Orang Munafik
0 Komentar

Selanjutnya, ada hadis lain yang menjelaskan bahwa berdebat hingga melampaui batas termasuk dalam kategori munafik.

Penting untuk kita mengetahui ciri sifat munafik agar dapat terhindar dari penyakit hati ini. Sifat-sifat di bawah ini adalah sifat munafik yang sebaiknya dihindari.

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

“Rasulullah SAW bersabda: Tanda orang munafik tiga; apabila berkata ia berbohong, apabila berjanji mengingkari, dan bila dipercaya mengkhianati.”

Orang yang Berbohong

Baca Juga:Inilah Faktor Kenapa Rambut Bisa Berubah Menjadi Uban dan Setelahnya Sering Banyak Yang Mencabuti Uban Apakah Ada Manfaatnya? Cek SelengkapnyaJangan Sepelekan Mencabut Uban dapat Menyebabkan Masalah Pada Rambut: Berikut Dampak Negatif Mencabut Uban

Baik dalam ajaran agama manapun tidak ada yang membenarkan suatu kebohongan. Begitu juga dengan Islam. Apa pun bentuk kebohongan tetaplah kebohongan.

Hal ini juga sangat dibenci sesama manusia dan juga Allah. Berkata tidak jujur, atau mengucapkan sesuatu yang tidak seperti kenyataannya dapat merugikan banyak pihak.

Sekali orang melakukan kebohongan maka orang tersebut akan terus berbohong lagi dan lagi. Contohnya ketika seorang anak berbohong pada orang tuanya, mengatakan hanya akan pergi kerumah tetangga namun kenyataannya pergi jauh. Kemudian suatu ketika sang ayah menanyakan alasan si anak lama sekali disana.

Secara otomatis si anak harus terpaksa mencari alasan baru untuk menutupi kebohongannya tadi. Hal ini seringnya akan terjadi terus menerus dan menjadi kebohongan besar yang tidak ada habisnya.

Itulah mengapa sekali seseorang melakukan kebohongan akan terlibat dalam lingkaran setan yang membuat orang tersebut terus melakukan kebohongan lainnya lagi.

Sikap dusta seperti ini nantinya dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Orang yang senang berbohong atau berdusta bahkan mampu membolak-balikan fakta, yang nantinya akan berakibat kepada sifat buruk lainnya yaitu fitnah.

Orang yang Ingkar Janji

Sifat munafik lainnya yang juga dibenci Allah adalah ingkar janji. Orang yang sering ingkar berarti orang tersebut tidak dapat dipegang ucapannya. Hal ini menjadikan orang lain sulit menaruh kepercayaan terhadap orang yang tidak pernah menepati janjinya.

Baca Juga:Jangan Cabutin Uban Nanti Malah Tambah banyak? Fakta atau Mitos Menurut Para Pakar KesehatanFakta UNIK Nya Negara Yang Satu-satunya Tanpa Nyamuk Itu Islandia! Kenapa Kok Bisa, Ternyata Ini Alasannya

Selain itu mengingkari janji juga akan berakibat merugikan orang lain. Janji adalah sumpah yang wajib hukumnya untuk ditepati.

Apabila seseorang telah berjanji, tetapi tidak menepatinya, orang tersebut termasuk ke dalam golongan orang-orang munafik. Sebagai contoh, jika seorang telah berjanji untuk tidak membocorkan suatu rahasia yang mana adalah rahasia buruk, tetapi rupanya orang yang berjanji itu justru menceritakannya kepada orang lain. Itu tandanya orang tersebut telah mengingkari janjinya.

0 Komentar