Sekolah Negeri Bayar? Sekolah Untuk Anak SD Lebih Baik Negeri atau Swasta? 6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Memilih Sekolah Anak

Sekolah Negeri Bayar? Sekolah Untuk Anak SD Lebih Baik Negeri atau Swasta? 6 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Memilih Sekolah Anak
0 Komentar

Sedangkan bersekolah swasta yang berada di bawah naungan yayasan swasta, akan lebih banyak mengeluarkan biaya daripada sekolah negeri. Biaya ini pun tergantung pada akreditasi sekolah yang bersangkutan.

Kurikulum

Sekolah swasta memiliki keleluasaan untuk menerapkan kurikulum yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Ada yang mengacu pada kurikulum nasional, memadukannya dengan kurikulum internasional, atau bahkan hanya menggunakan kurikulum internasional. Hal ini dilakukan sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan sekolah swasta tersebut.

Berbeda halnya dengan sekolah negeri yang harus mengacu pada kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Pergaulan

Baca Juga:Kamu Sering Dianggap Terlihat Usia Lebih Muda? Inilah 8 Tanda Kamu Dianggap Awet Muda Dari Usia Sebenarnya!10 Tips Untuk Awet Muda Menghilangkan Penuaan Dini Pada Kulit Wajah Gunakan Pond’s Age Miracle Dalam Rutinitas Perawatanmu

Sekolah negeri cenderung memiliki sistem yang sesuai dengan Undang-Undang dan Pancasila. Contohnya dalam hal pergaulan beragama, di sekolah negeri para siswa umumnya terdiri dari beragam agama sehingga membuat siswa belajar mengenai toleransi antar sesama.

Sedangkan sekolah swasta cenderung mengkhususkan ke satu kelompok saja, seperti sekolah Islam ataupun sekolah Kristen dan lainnya. Tentunya hal ini berbeda dengan sekolah negeri.

Poin lain yang perlu jadi pertimbangan adalah apakah calon sekolah anak itu sesuai dengan nilai-nilai yang dianut keluarga Anda? Apakah dapat mengakomodir kebutuhannya si kecil, sehingga dapat makin mengasah potensinya? Serta jarak tempuh antara sekolah dan rumah yang tidak terlalu jauh, dengan demikian tidak membuat si kecil kelelahan di jalan.

Jangan lupa libatkan anak saat survei sekolah, agar ia bisa pun bisa membantu dalam memutuskannya. Nah, selamat merenung. Terkait keputusan , baik di negeri atau swasta kembali lagi kepada pilihan diri Anda dan anak.

Laman:

1 2
0 Komentar