Pentingnya Kesadaran Manfaat Vaksin Imunisasi Pada Anak Memperingati Hari Imunisasi Sedunia

Pentingnya Kesadaran Manfaat Vaksin Imunisasi Pada Anak Memperingati Hari Imunisasi Sedunia
authentic shot of asian mother wearing face mask holds her baby for vaccinated by doctor
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Hari Imunisasi Sedunia diperingati setiap tanggal 10 November. Peringatan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran soal manfaat mendapatkan imunisasi.

Melansir dari laman International Days, mendapatkan vaksin bisa menurunkan risiko terkena penyakit.

Ini karena vaksin bekerja sebagai pertahanan alami untuk membangun daya tahan tubuh.

Ketika mendapatkan vaksin, tubuh akan memberikan respons sistem imunitas,

Baca Juga:Profesi Karier Seorang Akuntansi Diperingati Hari Akuntansi Internasional Mengapresiasi Pekerjaan Akuntansi Seluruh DuniaMengenang Peristiwa Surabaya 10 November Memperingati Hari Pahlawan Nasional Sejarah Perjuangannya

Dengan adanya kampanye Hari Imunisasi Sedunia, masyarakat diharapkan lebih peduli dengan paham mengenai manfaat vaksin.

Hari Imunisasi Sedunia

Tanggal 10 November juga memperingati Hari Imunisasi Sedunia atau World Immunization Day. Hari ini dirayakan untuk menyebarkan kesadaran tentang manfaat mendapatkan vaksinasi dan bagaimana vaksinasi dapat mencegah banyak penyakit dalam jangka panjang.

Apa itu Imunisasi?

Imunisasi adalah pemberian vaksin untuk melindungi tubuh dari penularan penyakit tertentu. Vaksin terbuat dari kuman yang sudah melalui proses pelemahan atau bahkan dimatikan. Imunisasi dapat memberikan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga merangsang terbentuknya zat antibodi.

Pemberian vaksin akan melindungi tubuh anak terhadap infeksi sejumlah penyakit menular di masa mendatang. Tidak hanya menghindarkan anak dari serangan penyakit serius, vaksinasi anak juga bisa melindungi masyarakat yang lebih luas. Hal itu karena imunisasi membantu meminimalkan terjadinya penyebaran penyakit.

Di Indonesia, imunisasi rutin lengkap terdiri dari dua jenis, yaitu imunisasi dasar dan lanjutan. Jadwal imunisasi tersebut tergantung pada usia anak. Imunisasi dasar penting sebagai langkah pencegahan utama anak dari berbagai penyakit menular.

Tujuan dan manfaat imunisasi

Imunisasi bertujuan untuk melindungi diri dari berbagai penyakit yang berbahaya atau beresiko menyebabkan kematian. Imunisasi juga bisa menjadi cara untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Hal ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit pada orang yang tidak bisa menjalani imunisasi.

Baca Juga:Hari Lousiana Nasional Peringatan Festival Budaya Louisiana Di Amerika, Pada Tanggal 9 November Cek SejarahnyaHari Kebebasan Sedunia Peringatan Peristiwa Runtuhnya Tembok Berlin di Jerman, Yang Jatuh Pada Tanggal ?

Dengan kata lain, makin banyak orang yang mendapatkan imunisasi berarti makin sedikit juga orang yang terinfeksi penyakit.

Manfaat imunisasi sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Jika ayah dan ibu ingin melakukan yang terbaik untuk buah hati, tentu kalian tahu apa saja cara yang dapat dipersiapkan untuk menjaganya tetap aman.

0 Komentar