Tips Ajarkan Anak Puasa agar Semakin Bersemangat

Cara Ajarkan Anak Berpuasa (Pixabay/klimkin)
Cara Ajarkan Anak Berpuasa (Pixabay/klimkin)
0 Komentar

Sebuah penelitian dalam ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan dapat memberikan hasil belajar optimal pada anak-anak.

Penting untuk dihindari memaksa Si Kecil dalam melaksanakan berpuasa. Jika anak belum merasa siap, memberikan kelonggaran adalah hal yang penting. Moms perlu menjaga agar pendekatan ini tidak menciptakan persepsi negatif terhadap pengalaman berpuasa bagi anak-anak.

Perlu diingat bahwa berpuasa sebelum mencapai usia baligh hanyalah sebuah metode pembelajaran bagi Si Kecil mengenai ibadah puasa, sehingga mereka dapat lebih siap secara fisik dan mental sebelum menjalankan kewajiban puasa di kemudian hari.

Baca Juga:Ajarkan Secara Bertahap, Ini Cara Mudah Mengajarkan Anak Berpuasa RamadhanTips Mengajarkan Anak Berpuasa, Dijamin Jadi Semangat!

Menyajikan Hidangan Berbuka Puasa Sesuai Keinginan

Si Kecil akan merasa bahagia jika Moms menyajikan makanan favoritnya atau hidangan yang sesuai dengan permintaannya.

Pendekatan seperti ini dapat dijadikan strategi efektif dalam melatih anak untuk berpuasa.

Tidak perlu menyajikan makanan yang berlebihan atau mahal, Moms.

Yang terpenting, pastikan anak merasa gembira dengan pilihan makanan yang Moms sajikan saat waktu berbuka puasa.

Selain itu, Moms bisa dengan percaya diri bertanya kepada anak mengenai menu sahur dan berbuka yang menjadi favorit mereka.

Hal ini dapat menjadi sumber motivasi bagi Si Kecil untuk lebih antusias dalam menjalankan ibadah puasa sejak usia dini.

Lakukan Aktivitas Menyenangkan Selama Berpuasa

Sebagai langkah melatih anak untuk berpuasa, Moms dan Dads dapat mengajak mereka melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk meningkatkan semangat.

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama Si Kecil adalah ngabuburit, sebuah tradisi Ramadan yang dilaksanakan untuk menantikan waktu berbuka puasa.

Baca Juga:Pentingkah Mengajarkan Anak Berpuasa?Usia Berapa Anak Boleh Berpuasa? Ini Jawabannya!

Ngabuburit dapat diisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, termasuk mengejar hobi atau melibatkan diri dalam ibadah bersama untuk meraih pahala lebih banyak.

Penting untuk berdiskusi dengan Si Kecil agar mereka lebih antusias dalam menjalani puasa.

Melalui ngabuburit, tidak hanya akan meningkatkan motivasi anak untuk berpuasa, tetapi juga memperkuat ikatan antara orang tua dan anak.

Memberi Penghargaan atas Upayanya

Jangan lupakan untuk memberikan penghargaan atas upaya Si Kecil selama menjalani ibadah puasa.

0 Komentar