Tak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasi Bayi Demam Karena Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi Bayi Demam Karena Tumbuh Gigi (Pixabay/RitaE)
Cara Mengatasi Bayi Demam Karena Tumbuh Gigi (Pixabay/RitaE)
0 Komentar

Perbanyak pemberian ASI

Saat terjadi peningkatan suhu tubuh, yang paling dibutuhkan oleh tubuh bayi adalah cairan. Cairan yang cukup dapat membantu menurunkan demam pada bayi. Moms bisa memberikan ASI lebih banyak dari biasanya ketika demam muncul. Oleh karena itu, penting untuk memberikan ASI dalam jumlah yang cukup jika Moms merasa bahwa pasokan ASI kurang.

Jika bayi rewel akibat tumbuh gigi, memberikan ASI juga bisa menenangkannya. Namun, jika bayi menolak untuk menyusu saat tumbuh gigi, tak perlu memaksanya. Cukup berikan dalam porsi kecil namun sering. Moms juga dapat menambahkan cairan lain seperti kuah sayuran, air jeruk, atau jus buah untuk membantu meredakan demamnya.

Hindari memberikan pakaian yang terlalu tebal atau selimut yang dapat meningkatkan panas tubuh. Sebaliknya, berikan pakaian yang longgar untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. Berikan juga waktu istirahat yang cukup pada bayi saat mengalami demam karena tumbuh gigi.

Baca Juga:Kenali Gejala Demam pada Bayi Karena Tumbuh Gigi Yuk Moms!Perhatikan Moms! Ternyata Ini Penyebab Bayi Sering Ngulet

Menjaga suhu ruangan

Meskipun suhu tubuh bayi meningkat, bukan berarti Moms harus membuatnya berada di lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Pastikan untuk tetap menjaga suhu ruangan yang sejuk, berkisar antara 18-23 derajat Celsius, untuk membuatnya merasa nyaman. Dengan menjaga suhu ruangan pada tingkat yang tepat, kegelisahan bayi bisa sedikit berkurang.

Berikan Teether Dingin

Rasa tidak nyaman akibat peradangan gusi yang disertai demam juga bisa diminimalisir dengan memberikan mainan teether atau gigitan dingin. Sensasi dingin pada mainan tersebut akan mengurangi sakit dan gatal pada gusi bayi.

Saat memberikan teether pada bayi, ada beberapa aturan yang perlu Moms perhatikan:

  • Jangan memberikan teether dalam keadaan beku atau terlampau dingin, karena dapat membuat gusi bayi semakin gatal dan sakit
  • Pastikan tidak ada kebocoran pada teether, jangan sampai karetnya terbuka atau isinya bocor
  • Jika bayi menolak diberikan teether, Moms bisa menggosok gusi bayi dengan menggunakan jari. Pijat dan tekan perlahan area gusi sampai bayi nyaman. Tapi ingat, Moms harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelumnya.
0 Komentar