6 Jenis Ikan yang Mudah Dihidangkan dan Nikmat, Temukan Kenikmatan Makan Ikan Tanpa Duri

ikan.jpg
ikan.jpg
0 Komentar

Selain dipanggang dan digoreng, cakalang sering digunakan untuk membuat suwiran atau ikan asap. Suwiran ikan yang sudah diolah sama enak dan bernutrisi dengan suwiran daging sapi. Satu-satunya spesies tuna yang termasuk dalam genus Katsuwonus memiliki minimal 19,6 gram protein, 5,5 gram karbohidrat, dan 107 kalori per 100 gram.

3. Patin 

Ikan patin aman untuk dimakan anak-anak karena merupakan salah satu ikan yang masuk dalam daftar ikan dengan duri sedikit. Menurut artikel jurnal ilmiah tahun 2016 yang diterbitkan Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, patin siam khususnya dikenal karena pertumbuhannya yang relatif cepat, sisiknya yang kurang, dan durinya yang jarang. 

Ikan patin merupakan komoditas perikanan yang sangat berharga yang tersedia bagi masyarakat Indonesia karena banyak manfaatnya. Selain itu, ikan ini kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, mineral, dan omega 3. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram patin segar menyediakan 132 kalori, 17 gram protein, 31 miligram kalsium, 1,6 miligram zat besi, dan 1,7 miligram niasin. Berbagai komponen dalam ikan patin sangat penting untuk perkembangan normal otak anak.

4. Lele 

Baca Juga: 7 Ciri Khas Kucing American Shorthair, Cantik dan Mudah Untuk MerawatnyaMenyelami Dunia Kucing Maine Coon: 6 Cara Merawat Kucing Maine Coon, Ternyata Perawatannya Hampir Setara Harga Motor Beat

Ikan air tawar seperti lele sering terlihat di warung pinggir jalan. Ikan ini tidak hanya rasanya yang enak, tetapi kurangnya duri membuatnya cukup mudah untuk dimakan. Karena duri ikan lele berada di tengah, maka mudah untuk menyisihkannya atau memisahkannya dari dagingnya.

Dengan hanya 98 kalori dan 13 gram protein per 100 gram, ikan lele juga rendah kalori namun tinggi protein. Menurut sebuah artikel WebMD, konsentrasi asam lemak omega-3 ikan lele yang tinggi dapat secara signifikan menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah. Mengkonsumsi asam lemak ini juga membantu dalam pengobatan penyakit berisiko seperti detak jantung tidak teratur. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan yang sama meredakan gejala kesedihan dan masalah kesehatan mental terkait usia.

5. Nila

Nila merupakan ikan air tawar yang populer karena dagingnya yang putih dan lembut. Ini tersedia secara luas di pasar ikan, menjadikannya pilihan yang layak bagi para pecinta makanan laut. Selain itu, ikan nila memiliki keunggulan karena cepat dan mudah diproses. Ikan nila dimasak dengan cepat dan dapat disiapkan dengan berbagai cara, seperti menggoreng untuk mendapatkan kulit yang renyah, memanggang dengan bumbu untuk kaya cita rasa, atau merebus dalam sup yang segar dan lezat.

0 Komentar