Bermedsoslah yang Baik dan Benar, Dosen FKIP dan FISIP Unsika Edukasi Literasi Digital pada Siswa SMK Bhineka

SMK bhineka
Edukasi literasi digital di SMK Bhineka Karawang.
0 Komentar

KBEonline.id– Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Bhineka Karawang dengan tema “Media Sosial sebagai Alat Strategis dalam Personal Branding: Edukasi untuk Kalangan Gen Z”, pada Kamis, 19/6/2025.

Ketua pelaksana kegiatan, Tri Widya Budhiharti, S.Si., M.I.Kom mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa sekolah menengah.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada generasi Z tentang pentingnya membangun personal branding melalui media sosial serta bagaimana memanfaatkannya secara positif,” katanya.

Baca Juga:Roti Kopi Mana yang Paling Juara? Intip Bedanya Roti O, Roti Boy, dan Papabunz Serta Lokasinya di Karawang!Pilih Guardian atau Watsons? Intip Perbedaan Jumlah Cabang dan Lokasinya di Karawang!

PKM ini merupakan kolaborasi antara Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP dan Program Studi Bahasa Inggris FKIP UNSIKA.

Kegiatan dipimpin oleh Tri Widya Budhiharti, S.Si., M.I.Kom, dengan melibatkan tim dosen lainnya yaitu Evi Karlina A., S.S., M.Ed., Khoirul Bariyyah, M.Pd., Indah Purnama Dewi, M.Pd., Tikka Muslimah, M.I.Kom., Nina Puspitaloka, M.Pd., Refi Aksep S., M.Pd., dan Praditya Putri U, M.Pd.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 siswa kelas X dan XI SMK Bhineka ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Nelly Rahmawati, S.Pd., serta Wakil Kepala Bidang Humas dan Kerja Sama Yunanto, M.Kom.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Nelly Rahmawati, S.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kami sangat menyambut baik kegiatan ini karena sangat relevan dengan kebutuhan siswa saat ini dalam memahami dunia digital,” ujarnya.

Dalam sesi pertama, Tri Widya Budhiharti memaparkan materi mengenai pemanfaatan media sosial untuk personal branding di kalangan Gen Z. Dalam materinya, ia menjelaskan pentingnya membangun citra diri melalui media sosial serta strategi praktis dalam menciptakan personal branding yang positif.

“Media sosial bukan hanya tempat hiburan, tapi juga sarana membentuk identitas diri dan reputasi profesional sejak dini,” ujarnya

Sesi kedua disampaikan oleh Khoirul Bariyyah, M.Pd., menyampaikan materi tentang Etika dan Kesehatan Digital. Ia mengedukasi peserta tentang etika bermedia sosial, prinsip moral dalam penggunaan internet, serta bagaimana memanfaatkan teknologi secara bijak tanpa menimbulkan dampak negatif bagi diri sendiri maupun masyarakat.

0 Komentar