Dosen FKIP dan FISIP UNSIKA Edukasi Siswa SMK Bhineka Karawang tentang Literasi Digital

Dosen FKIP dan FISIP UNSIKA Berikan Edukasi Literasi Digital kepada Siswa SMK Bhineka Karawang
Dosen FKIP dan FISIP UNSIKA Berikan Edukasi Literasi Digital kepada Siswa SMK Bhineka Karawang. --KBE--
0 Komentar

KARAWANG, KBEonline.id – Dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Bhineka Karawang dengan tema “Media Sosial sebagai Alat Strategis dalam Personal Branding: Edukasi untuk Kalangan Gen Z”, pada Kamis, 19/6/2025.

Ketua pelaksana kegiatan, Tri Widya Budhiharti, S.Si., M.I.Kom mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan siswa sekolah menengah.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada generasi Z tentang pentingnya membangun personal branding melalui media sosial serta bagaimana memanfaatkannya secara positif,” katanya.

Baca Juga:Produsen Lays, Cheetos & Doritos PepsiCo Indonesia Resmikan Pabrik Pertama Senilai Rp 3,3 Triliun di CikarangWajib Tau Nih! Inilah 8 Makanan yang Paling Beracun dan Berbahaya di Dunia, Jangan Asal Mengkonsumsinya

PKM ini merupakan kolaborasi antara Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP dan Program Studi Bahasa Inggris FKIP UNSIKA.

Kegiatan dipimpin oleh Tri Widya Budhiharti, S.Si., M.I.Kom, dengan melibatkan tim dosen lainnya yaitu Evi Karlina A., S.S., M.Ed., Khoirul Bariyyah, M.Pd., Indah Purnama Dewi, M.Pd., Tikka Muslimah, M.I.Kom., Nina Puspitaloka, M.Pd., Refi Aksep S., M.Pd., dan Praditya Putri U, M.Pd.

Kegiatan yang diikuti oleh 60 siswa kelas X dan XI SMK Bhineka ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Nelly Rahmawati, S.Pd., serta Wakil Kepala Bidang Humas dan Kerja Sama Yunanto, M.Kom.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Nelly Rahmawati, S.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kami sangat menyambut baik kegiatan ini karena sangat relevan dengan kebutuhan siswa saat ini dalam memahami dunia digital,” ujarnya.

Dalam sesi pertama, Tri Widya Budhiharti memaparkan materi mengenai pemanfaatan media sosial untuk personal branding di kalangan Gen Z. Dalam materinya, ia menjelaskan pentingnya membangun citra diri melalui media sosial serta strategi praktis dalam menciptakan personal branding yang positif.

“Media sosial bukan hanya tempat hiburan, tapi juga sarana membentuk identitas diri dan reputasi profesional sejak dini,” ujarnya

Sesi kedua disampaikan oleh Khoirul Bariyyah, M.Pd., menyampaikan materi tentang Etika dan Kesehatan Digital. Ia mengedukasi peserta tentang etika bermedia sosial, prinsip moral dalam penggunaan internet, serta bagaimana memanfaatkan teknologi secara bijak tanpa menimbulkan dampak negatif bagi diri sendiri maupun masyarakat.

0 Komentar