Widih… Baru 10 Hari, Lapor AABupati  Diserbu 657 Laporan Warga Kabupaten Bekasi

Rhamdan Nurul Ikhsan
Rhamdan Nurul Ikhsan
0 Komentar

KBEonline.id – Program layanan pengaduan masyarakat Lapor AA Bupati yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Bekasi pada 13 Juni 2025 langsung mendapat respons beragam dari warga.

Dalam kurun waktu 10 hari, kanal layanan pengaduan masyarakat berbasis WhatsApp di nomor 0899-0015-777 ini mencatat 657 laporan masuk dari masyarakat.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, Rhamdan Nurul Ikhsan, menyebut angka tersebut menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, keluhan, maupun masukan kepada pemerintah daerah.

Baca Juga:Uang Bau TPST Bantargebang Masih Dibahas Bekasi dan Jakarta, Tenang … Tahun 2025 Tetap CairPerhatian… Perhatian… !  Aplikasi Lowongan Kerja Warga Kabupaten Bekasi Segera Rilis, Cek Fungsinya

“Ini menandakan bahwa kanal Lapor AA langsung mendapat tempat di hati masyarakat. Dalam waktu singkat sudah ratusan laporan masuk,” kata Rhamdan dalam Rapat Koordinasi Layanan Lapor AA yang digelar di Aula Diskominfosantik, Cikarang Pusat, Senin (23/6)

Dari 657 laporan yang diterima, sebanyak 95 laporan telah diteruskan ke perangkat daerah terkait untuk ditindaklanjuti. Sementara sisanya masih dalam proses verifikasi oleh admin Diskominfosantik.

Menurut Rhamdan, laporan tidak serta-merta langsung dikirimkan ke instansi terkait.

“Kami harus melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan kejelasan laporan dan kelengkapan informasinya, agar tidak menimbulkan salah tafsir dalam penanganannya,” terangnya.

Terkait penanganan, Rhamdan menjelaskan bahwa kanal Lapor AA memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai regulasi Kemenpan-RB. Untuk laporan berupa permintaan informasi atau keluhan biasa, maksimal akan dijawab dalam 5 hari kerja.

Sedangkan laporan yang memerlukan pengawasan atau pengecekan lapangan dapat membutuhkan waktu penyelesaian hingga 60 hari kerja.

Meski demikian, Diskominfosantik mendorong percepatan respon dari perangkat daerah.

“Kalau bisa selesai dalam satu hari, kenapa harus menunggu? Terutama jika laporan yang masuk sudah jelas dan solusinya ada,” katanya.

Untuk menjamin efektivitas sistem, Lapor AA dilengkapi dengan dashboard monitoring eksekutif yang dipantau langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah.

Baca Juga:AZKO di Karawang: Selain di Technomart, Ada di Mana Lagi? Ini Dia yang Bikin Technomart Beda!GraPARI Telkomsel di Karawang: Selain di Technomart, Ada di Mana Lagi? Ini Yang Bikin Betah di Technomart!

Selain itu, terdapat grup koordinasi WhatsApp antara Diskominfosantik dan perangkat daerah untuk memastikan laporan ditindaklanjuti secara cepat dan tidak terabaikan.

Rhamdan menegaskan bahwa kanal Lapor AA ditargetkan menjadi platform pengaduan berkelanjutan dan terpercaya, bukan sekadar proyek jangka pendek.

0 Komentar