KBEonline.id – Mitra Bukalapak, platform produk virtual dan keuangan untuk UMKM milik Bukalapak, kembali menegaskan komitmennya dalam memberdayakan pelaku usaha mikro melalui penyelenggaraan Spesial Kumpul Juwara (SKJ) yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur pada Agustus 2025.
Sejak pertama kali digelar pada 2022, SKJ kini telah mencapai gelaran ke-31 dan konsisten hadir di 20 kota di Indonesia, dengan lebih dari 4.600 Mitra yang terlibat sepanjang penyelenggaraannya.
Melalui keberlanjutan ini, Bukalapak berupaya mendampingi pelaku usaha mikro secara konsisten, menghadirkan wadah pembelajaran yang sederhana namun berkesinambungan, agar para pemilik warung dapat terus beradaptasi dengan perkembangan ekonomi digital dan memperkuat peran mereka dalam perekonomian masyarakat.
Baca Juga:Wow. Samsung Ungkap Inovasi Kesehatan Generasi Terbaru di World Sleep 2025Jamin Keselamatan Warga Sekolah, Pertamina dan BPBD Indramayu Gelar Kajian Risiko Bencana di SMPN 1 Balongan
Mendorong Dampak Nyata bagi Pelaku Usaha MikroKomunitas Juwara, yang berdiri sejak 2019, kini telah berkembang pesat dengan anggota tersebar di 139 kota.
Melalui SKJ, ribuan pemilik warung, agen individu, dan anggota komunitas mendapatkan edukasi terkait manajemen usaha, literasi keuangan digital, serta pemanfaatan produk QRIS Mitra Bukalapak.
Pengetahuan ini terbukti membantu pemilik warung memperluas jaringan pelanggan dan meningkatkan pendapatan, terutama di wilayah dengan akses terbatas terhadap layanan perbankan atau ritel modern.
“Sejak awal, Mitra Bukalapak berkomitmen untuk menjadi mitra strategis bagi para pelaku usaha mikro. Konsistensi penyelenggaraan SKJ selama empat tahun terakhir adalah bukti bahwa kami tidak hanya hadir sesaat, melainkan terus berupaya menciptakan dampak jangka panjang. Kami percaya, keberlanjutan ini akan mempercepat pemerataan literasi digital dan meningkatkan daya saing warung tradisional di era modern,” ujar Riza Tegar Prisandi, AVP Mitra Sales & Customer Satisfaction Mitra Bukalapak.
Ruang Belajar, Berjejaring, dan BertumbuhSKJ tidak hanya menghadirkan sesi edukasi, tetapi juga menjadi ruang kolaborasi bagi para Juragan (sebutan untuk Mitra Bukalapak) untuk berbagi cerita sukses, bertukar pengalaman, sekaligus menyampaikan aspirasi secara langsung kepada tim Mitra Bukalapak.
Melalui forum ini, Juragan yang baru bergabung pun mendapat kesempatan untuk menyampaikan harapan agar terus dapat mengembangkan keterampilan, memperbesar skala usaha, dan mendorong warung mereka naik kelas.
“Sebagai pemula, saya terkesan karena Mitra Bukalapak sangat mendukung dan membimbing Mitra-nya agar bisa bertumbuh sebagai UMKM. Kegiatan ini membuat saya bangga menjadi bagian dari komunitas, sekaligus menambah semangat untuk terus berjuang demi keberhasilan bersama,” ujar Ach. Irfan Rahmanto, salah satu peserta SKJ Sidoarjo.