KBEOnline.id – Meta kembali menghadirkan kebijakan baru yang cukup mengejutkan bagi pengguna media sosial. Di Inggris Raya, Facebook dan Instagram kini memiliki opsi layanan berbayar tanpa iklan. Kehadiran model subscription ini merupakan tindak lanjut dari regulasi privasi digital yang mengharuskan platform memberikan pilihan kepada pengguna agar tidak selalu menjadi sasaran iklan bertarget.
Biaya Langganan Facebook dan Instagram di UK
Berdasarkan informasi resmi, biaya berlangganan ditetapkan sebesar 2,99 Poundsterling per bulan atau sekitar Rp67 ribu jika pengguna melakukan pembayaran melalui situs web. Jika pembayaran dilakukan lewat aplikasi Android atau iOS, harga naik menjadi 3,99 Poundsterling atau sekitar Rp90 ribu per bulan.
Bagi mereka yang memiliki lebih dari satu akun dalam satu akun Meta, biaya tetap berlaku per akun. Namun, Meta menerapkan harga lebih rendah untuk akun tambahan, yaitu 2 Pound (sekitar Rp45 ribu) melalui web atau 3 Pound (sekitar Rp68 ribu) via mobile.
Baca Juga:Petit Planet Resmi Jadi Game Baru HoYoverse, Diumumkan di Tokyo Game Show 2025Kejutan di TGS 2025: Forza Horizon 6 Akhirnya Diumumkan Secara Resmi
Latar Belakang Regulasi dan Privasi Pengguna
Langkah Meta menghadirkan Facebook berbayar dan Instagram berbayar di Inggris tidak terlepas dari kebijakan privasi yang ditegakkan oleh Information Commissioner’s Office (ICO), otoritas pengawas data di Inggris.
ICO menilai praktik penayangan iklan sebagai syarat standar penggunaan media sosial tidak sejalan dengan hukum yang berlaku. Dengan adanya paket berbayar ini, pengguna kini punya kendali lebih besar atas pengalaman mereka, terutama terkait penggunaan data pribadi untuk penargetan iklan.
Apakah Model Facebook dan Instagram Berbayar Akan Hadir di Negara Lain?
Hingga saat ini, opsi berlangganan bebas iklan baru tersedia di Inggris Raya. Namun, tidak menutup kemungkinan Meta akan memperluas model bisnis ini ke Uni Eropa atau bahkan negara lain, terutama wilayah yang memiliki regulasi ketat mengenai privasi digital.
Kehadiran opsi berbayar ini juga memunculkan pertanyaan di kalangan pengguna global:
- Apakah pengalaman bebas iklan di media sosial layak untuk dibayar bulanan?
- Apakah kebijakan ini akan membuat Facebook dan Instagram berubah arah menjadi platform dengan model subscription-based seperti layanan streaming?