UNSIKA HANYA BUKA PENERIMAAN 4.497 MAHASISWA BARU

KARAWANG- Penerimaan mahasiswa baru Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) telah di buka. Dibagi menjadi tiga jalur, yaitu SNMPTN (kuota 25%), UTBK-SBMPTN (kuota 45%) dan SMMPTN (kuota 30%). Daya tampung Unsika tahun 2021 ini mencapai 4.497 mahasiswa baru.

Setelah seleksi SNMPTN sukses digelar, Unsika saat ini tengah fokus menatap pelaksanaan SBMPTN. Di mana proses pendaftarannya sudah di buka sejak 15 Maret 2021 dan akan ditutup pada 1 April 2021 mendatang.

Mengacu pada situs resmi Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), waktu pelaksanaan UTBK sendiri akan terbagi menjadi dua gelombang. Untuk gelombang satu akan dimulai 12 – 18 April 2021. Sedangkan gelombang dua akan digelar pada 26 April – 2 Mei 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsika Prof. Dr. drg. Hj. Inne Suherna Sasmita, Sp.Ped(K), menjelaskan seleksi jalur UTBK tersebut kemudian akan dibagi menjadi dua kelompok keilmuan. Di antaranya Kelompok Saintek yang terdiri dari, Agroteknologi, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Pendidikan Matematika, Agribisnis, Farmasi, Gizi, Teknik Kimia, Ilmu Keolahragaan, Sistem Informasi dan Teknik Lingkungan.
Sementara, untuk kelompok SosHum, terdiri atas Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Kemudian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional.
“Pelaksanaanya langsung di Unsika,” ujar Prof Inne, Senin, (29/3) kemarin.
Prof Inne juga menjelaskan, khusus untuk jalur seleksi mandiri (SMMPTN). Pelaksanaannya akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sesuai aturan, bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh jalur SMMPTN untuk masuk ke Unsika. Tahun ini diwajibkan untuk mengikuti ujian SBMPTN.
Pasalnya, kata dia, tahun 2021 ini. Unsika tidak akan menggelar ujian tulis untuk jenjang Sarjana (S1). Karena dalam prosesnya nanti, sistem akan menggunakan nilai UTBK SBMPTN atau UM-PTKIN bagi calon mahasiswa baru.
“Nilai UTBK SBMPTN yang dimaksud ditujukan bagi 23 prodi sarjana dibawah naungan Kemendikbud,” jelasnya.

“Sementara tiga prodi di bawah Kemenag, menggunakan nilai UM-PTKIN,” tandasnya.
Prof Inne melanjutkan, ada pun rentang waktu penyelenggaraan SMMPTN Unsika, akan dimulai dari Bulan April hingga Juli 2021.
“Perlu diketahui juga, SMMPTN ini harus linier. Jadi yang SBMPTN mendaftar di kelompok saintek. Dalam SMMPTN juga harus dari kelompok saintek, tidak bisa pindah,” tegasnya. (wyd/mhs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here