Vaksinasi Bagi Pelajar Dikebut Jelang Pembelajaran Tatap Muka

0

PURWAKARTA – Matangkan persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan mempercepat vaksinasi bagi seluruh pelajar di kota santri itu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kebut vaksinasi untuk sasaran remaja atau pelajar usia 12-17 tahun.

“Untuk vaksinasi pelajar SMP yang berusia 12 di Purwakarta sudah mencapai sekitar 5.000 pelajar. saya berharap vaksinasi untuk pelajar di Kabupaten Purwakarta ini dapat dituntaskan sebagai syarat menggelar PTM di sekolah,” ujar wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu, saat meninjau vaksinasi di SMPN 1 Purwakarta.

Ambu Anne mengatakan, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021, daerah yang berstatus PPKM level 3 memungkinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka dengan kapasitas maksimal 50 persen.

“Keinginan dari pihak sekolah, orang tua siswa dan para siswa untuk segera menggelar PTM. Untuk PTM di Purwakarta ditargetkan ada Senin 30 Agustus 2021 besok. Kami juga sudah melakukan pemantauan atau kemudian sudah dilakukan assessment dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat,” ungkap Ambu Anne.

Ambu Anne menyebut, untuk sarana prasarana rata-rata 80% sekolah itu sudah siap menggelar PTM, tinggal nanti kedisiplinan daripada anak-anak ini penting dalam pelaksanaan proses PTM itu sendiri.
“Jadi para guru dan kepala sekolah itu harus terus mengedukasi anak-anak dalam penerapan Prokesnya. ungkapnya.

Maka dari itu, sambung dia, vaksinasi terhadap pelajar masih berlangsung hingga kini, dan vaksinasi pelajar SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta diperlukan untuk menunjang dibukanya pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan secara ketat.
“Hari ini ada 4000 dosis serentak di 13 SMA, kemudian hari senin juga kita akan lakukan 4000 dosis dan sisanya di hari Selasa itu kurang lebih 2000 dosis. Jadi target 3 hari ini targetnya sebanyak 10.000 dosis. Kalau pelajar sudah divaksin semua berarti nanti PTM-nya lebih aman, lebih nyaman,” tutur Ambu Anne.
Bupati Purwakarta mengungkapkan, ada hari Senin 30 Agustus 2021 besok bakal ada beberapa sekolah yang melakukan PTM terbatas.

Jadi ada beberapa sekolah percontohan yang menggelar PTM, kita akan lakukan pemantauan nanti bersama dengan TNI-Polri kemudian bersama dengan Disdik Purwakarta dan KCD ke sekolah-sekolah yang memang melaksanakan PTM yang dijadikan percontohan dalam penerapan nantinya,” tutur Ambu Anne. (bbs/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here