PENUH: Ruang isolasi penangan pasien Covid 19 di Kabupaten Bekasi sudah penuh dan perlu ruang isolasi tambahan.

Untuk Tambah Ruang Isolasi yang Sudah Penuh

CIKARANG PUSAT – Pemkab Bekasi berencana menambah ruang isolasi Covid – 19 dengan menyewa hotel. Pasalnya, ruang isolasi yang ada udah penuh diisi oleh pasien Covid-19. Hal itu dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah kepada Cikarang Ekspres, Selasa (19/1/2021).

“Untuk ruang isolasi penuh, ICU sekitar 90 persen terisi. Langkah yang akan dilakukan yaitu BPBD mau nambah (Ruang Isolasi)  dengan nyewa hotel,” katanya. 

Alamsyah juga menjelaskan kabar baik soal vaksinasi dari pusat dari informasi yang ia terimakasih akan direncanakan datang vaksin pada 23 atau 25 Januari mendatang. 

“Pencanangan nanti di Puskesmas Cikarang, 23 atau 25 Januari,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti mengatakan, ada 49 rumah sakit rujukan Covid-19. Total ruang ICU yang dimiliki sebanyak 78. Dari jumlah tersebut, 53 ruang ICU sudah terisi 53 pasien Covid-19.
“Jadi masih ada 25 ruang ICU dari 78 keteresediaan ruang ICU di 49 rumah sakit rujukan Covid-19,” kata Enny.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi masih berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan. Agar melakukan upaya penambahan ruang ICU di setiap rumah sakit rujukan di Kabupaten Bekasi.
Sementara untuk keterisian kamar isolasi atau perawatan di 49 rumah sakit rujukan di Kabupaten Bekasi yakni 682 dari total 823 kamar perawatan.
“Tempat tidur untuk isolasi covid-19 di rumah sakit masih terus ditambah, mengingat penambahan kasus Covid-19 yang cukup tinggi,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. “Prokes tetap harus dilaksanakan. Itu kunci utama mencegah penyebaran corona,” tandasnya. 

Data terbaru dari laman : www.pikokabsi.bekasikab.go.id pada Selasa (19/1/2021) tercatat ada penambahan kasus positif sebanyak 163 orang. Sedangkan pasien sembuh 218 dan angka kematian bertambah tujuh orang dari 191 menjadi 198.

Untuk total kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Bekasi 11.703 orang. Dari angka ini, sebanyak 10.642 sudah dinyatakan sembuh, 198 meninggal dunia dan 863 orang dalam perawatan, baik itu dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri. (har/red) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here