LOKER: Minat pencari kerja tidak turun meski pandemi masih berlangsung. Sejumlah calon naker antre untuk memasukan lowker untuk beberapa perusahaan.

Meski Pandemi Masih Berlangsung

KARAWANG– Pasca diterjang badai PHK akibat Pandemi Covid-19. Sejumlah perusahaan di kawasan industri di Kabupaten Karawang nampak mulai membuka lowongan kerja (Loker). Hal itu dapat dilihat dari aktifitas rekrutmen yang mulai tinggi di Dinas Ketenagakerjaan Karawang.
Dari data yang berhasil KBE himpun. Sejak di terjang pandemi, tak kurang dari 17.417 pekerja di kawasan industri terkena PHK. Namun, di mulai bulan Juli 2020 kemarin, aktifitas rekrutmen mulai menggeliat.
Kepala Bidang Penempatan Kerja, Disnakertrans Karawang, Endang Syafrudin mengatakan, sejak bulan Juli lalu, sedikitnya 220 pekerja baru kembali terserap di kawasan industri di Kabupaten Karawang.

“Sejauh ini baru ada delapan perusahaan yang gelar rekrutmen. Tapi kalau minggu ini, tidak ada rekrutmen,” ujarnya, kemarin.

Endang menjelaskan, dari delapan perusahaan yang membuka rekrutmen itu. Disnakertrans Karawang mengikutsertakan kurang lebih 1.000 pencari kerja (pencaker) yang sebelumnya mengirimkan surat lamaran ke Dinas Ketenagakerjaan.

“Setiap perusahaan yang ikut test itu ada 100 sampai 200an orang,” katanya.

“Sementara, berdasarkan laporan penempatan kerja, yang sudah masuk sebanyak 220 orang,” sambungnya.

Ditemui di sekitar lingkungan Dinas Tenaga Kerja, Sarip Maulana, pencaker asal Kecamatan Rengasdengklok menuturkan, pihaknya datang ke Disnaker Karawang bermaksud untuk memburu pekerjaan yang terpampang di internet.

Kata Sarip, sejak lulus SMK tahun 2018 silam. Ia mengaku kesulitan mendapat pekerjaan di kawasan industri. Apa lagi, kata dia, di masa Pandemi ini. Selain harus bersaing dengan ribuan pekerja yang dulu kena PHK. Saat ini juga, jumlah pencari kerja semakin membludak. Karena ditambah siswa yang baru lulus kemarin.

“Sudah dua tahun pak saya cari kerja di kawasan gagal terus. Sekarang sama teman-teman mau ngadu nasib. Mudah-mudahan ada rezeki di tahun ini,” harapnya. (wyd/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here