SOSIALISASI : Satpolairud Polres Karawang, saat sosialisasi virus korona di laut Cilamaya.

Nelayan Diimbau Jaga Kesehatan dan Gunakan APD Saat Melaut

KARAWANG– Sosialisasi pencegahan penularan virus korona (Covid-19), tidak hanya gencar dilakukan pemerintah di darat. Guna memutus rantai penyebaran virus korona, Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karawang, galakan sosialisasi di tengah laut. Kamis, (2/4/2020) kemarin.
Melalui giat operasi patroli laut, anggota Satpolairud Polres Karawang menghampiri perahu-perahu nelayan yang tengah mencari ikan di wilayah laut Karawang. Sambil berpatroli, mereka memberikan imbauan agar nelayan tetap waspada dalam beraktifitas di tengah Pandemi Covid-19.
Kasat Polairud Polres Karawang, AKP Zaenal Sitorus mengungkapkan, agar nelayan tak sampai tertular virus korona. Selama beraktifitas, khususnya saat beraktifitas di tempat ramai. Seperti tempat pelelangan ikan dan pesisir dermaga. 
Baiknya, kata dia, mereka tetap memperhatikan kebersihan diri. Dan bila perlu, bekerja dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD). Seperti masker bagi yang sedang sakit dan sering mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer.
“Kita sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada nelayan. Serta memberikan imbauan untuk jaga keselamatan selama di laut,” ujar Sitorus, kepada KBE, Kamis, (2/4) kemarin.
Sitorus mengimbau, agar nelayan Karawang mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan menjaga kesehatan dan kebersihan. Serta tidak banyak melakukan aktifitas di tengah kerumunan masa.
“Jaga kondisi kesehatan nelayan dan keluarga. Bila tidak ada hal penting, lebih baik berdiam diri di rumah,” imbaunya.
Ketua Kelompok Pengawas Pesisir Pantai Tangkolak, Cilamaya, Tayanto mengapresiasi giat sosialisasi korona di tengah laut, yang dilakukan Satpolairud Karawang.
Kata Tayanto, secara garis besar nelayan sudah memahami bahaya virus korona. Namun, pada situasi tertentu. Mereka tak memahami bagaimana penularannya, seperti apa gejalanya, dan harus bagaimana saat sudah tertular.
“Dengan edukasi yang dipaparkan Satpolairud Karawang, diharapkan semua nelayan kita sehat dan bebas virus korona,” imbuhnya. (wyd/rie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here