Cara Bersihkan Panci Gosong dengan Bahan-bahan yang Ada di Dapur

Cara Bersihkan Panci Gosong(Foto/Apartmenttherapy)
Cara Bersihkan Panci Gosong(Foto/Apartmenttherapy)
0 Komentar

Baking soda mengandung zat alkalis ringan. Ketika kita campurkan dengan air atau cairan lain, baking soda dapat membantu mengatasi sifat asam yang umumnya terdapat pada kerak gosong. Hal ini dapat mengubah pH dan membantu melunakkan noda dan kerak, sehingga gosong pada panci lebih mudah hilang.

Baking soda juga sering kita kenal sebagai agen penyerap bau dan noda. Itu berarti baking soda dapat menyerap partikel kotoran dan zat yang menyebabkan bau, membantu menghilangkan bau panci.

Kombinasi sifat abrasif ringan, sifat alkalis, dan reaksi kimia dengan air panas membuat baking soda menjadi bahan pembersih yang sangat efektif untuk membersihkan panci gosong.

Baca Juga:Ibu Coba Lakukan Ini, 6 Cara Membersihkan Panci yang GosongManfaat Kunyit Hilangkan Flek Hitam di Wajah yang Kamu Harus Tahu

Cara membersihkan panci gosong dengan baking soda cukup mudah. Kamu bisa menaburkan baking soda pada bagian panci yang terbakar, kemudian tambahkan air panas. Lalu diamkan dan biarkan meresap sebelum menggosok perlahan dengan spons atau sikat lembut.

Manfaatkan cuka

Cuka merupakan bahan pembersih yang efektif untuk membersihkan panci yang gosong karena sifat-sifat kimia tertentu yang ia miliki.

Cuka adalah asam asetat, dan sifat asamnya dapat membantu mengatasi noda dan kerak gosong pada permukaan panci. Sifat asam dalam cuka dapat membantu melarutkan kerak dan noda, sehingga lebih mudah diangkat.

Selain itu, cuka juga memiliki sifat desinfektan alami. Ini berarti bahwa selain membersihkan panci, cuka juga dapat membantu membunuh bakteri dan mikroorganisme yang mungkin ada di permukaan panci.

Cuka kita kenal sebagai agen penyerap bau. Ini dapat membantu menghilangkan bau akibat makanan yang terbakar pada panci.

Cara menggunakan cuka untuk membersihkan panci gosongcukup mudah. Tuangkan cuka ke dalam panci, lalu tambahkan sedikit air. Kemudian panaskan hingga mendidih, biarkan dingin, dan bersihkan noda dengan spons atau sikat.

Ketika cuka kita campur dengan air panas, ia dapat merespon dengan komponen noda dan kerak gosong, mengubah sifat kimianya. Ini dapat melunakkan kerak dan membuatnya lebih mudah dihapus.

Baca Juga:Tips Menjaga Kesehatan Mulut yang Harus Kamu Tahu!Ketahui Penyebab Gingivitis atau Radang Gusi yang Bisa Sebabkan Bengkak

Penting untuk kamu catat bahwa cuka yang umumnya digunakan untuk membersihkan panci adalah cuka putih biasa atau cuka sari apel. Sebaiknya hindari penggunaan cuka yang sangat kuat, seperti cuka konsentrat, karena dapat merusak permukaan panci.

0 Komentar