Tidak Hanya Memenuhi Nutrisi, Ini Manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi

Manfaat ASI untuk Bayi dan Ibu (Pixabay/Pexels)
Manfaat ASI untuk Bayi dan Ibu (Pixabay/Pexels)
0 Komentar

Tidak dapat disangkal bahwa ASI, atau Air Susu Ibu, merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi, terutama pada usia 0-6 bulan. Pemberian ASI ini dalam rangka memenuhi nutrisi bayi. namun jangan salah terdapat beberapa manfaat ASI untuk Ibu dan bayi lainnya.

Panduan terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama tanpa penambahan makanan atau minuman lain.

Hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung dalam ASI telah terbukti mampu memenuhi kebutuhan bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya.

Baca Juga:Muntah Setelah Minum ASI, Hati-hati Bisa Sebabkan Bayi DehidrasiHati-hati Moms, Kenali Ciri-ciri Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI Karena GERD

ASI mengandung vitamin, protein, dan lemak dalam proporsi yang hampir sempurna, menjadikannya pilihan yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Oleh karena itu, tidak ada substansi lain yang dapat menggantikan peran penting ASI, terutama pada periode krusial 0-6 bulan pertama kehidupan bayi.

Moms pasti tahu bahwa memberikan ASI dapat mengurangi risiko bayi mengalami asma atau alergi, bukan?

Selain itu, bayi yang menerima ASI eksklusif selama 6 bulan pertama memiliki risiko lebih rendah terkena:

– Infeksi telinga

– Penyakit pernapasan

– Serangan diare

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association, anak-anak yang mendapat ASI juga cenderung memiliki tingkat intelegensi (IQ) dan kemampuan bahasa yang lebih tinggi di masa depan.

Tambah lagi, momen kedekatan fisik, kontak kulit ke kulit, dan mata-mata yang saling bertemu semuanya berkontribusi pada memperkuat ikatan antara bayi dan Moms.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), menyusui memiliki peran penting dalam pencegahan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak).

Baca Juga:Ini lho Moms Takaran Kebutuhan ASI pada BayiSaluran Pencernaan Belum Matang Bisa Jadi Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI

Diperkirakan bahwa praktik ini juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti:

– Diabetes

– Obesitas

– Beberapa jenis kanker

Bagi Moms sendiri, menyusui tidak hanya membantu membakar kalori ekstra dalam tubuh, tetapi juga dapat mempercepat proses penurunan berat badan setelah kehamilan.

Selain itu, praktik menyusui dapat merangsang pelepasan hormon oksitosin. Hormon ini berperan dalam membantu rahim untuk kembali perlahan ke ukuran semula dan dapat mengurangi risiko perdarahan pasca persalinan.

0 Komentar