Cara Membersihkan Tandon Air Dari Lumut dan Kotoran

Cara Membersihkan Tandon Air Dari Lumut dan Kotoran
0 Komentar

KBEONLINE.ID- Berikut bahan yang ampuh membersihkan lumut pada tandon air gampang dan cepat, simak penjelasannya di bawah ini.

Toren merupakan wadah penampung air yang digunakan sebagai penyimpanan air yang setiap hari digunakan, maka penting untuk merawatnya agar air yang digunakan selalu tersimpan dengan bersih.

Toren sudah banyak yang digunakan di rumah-rumah kebanyakan dibuat dari plastik. Bahan plastik yang dihuni air dalam waktu lama, sudah barang pasti akan berlumut dan penuh dengan kotoran jika kamu tidak rutin tidak dibersihkan.

Baca Juga:MUNDUR WIRRR…. Inilah Bahan Baking Soda Dapat Membersihkan Alat Mandi yang Berkerak Hitam! Cek Bagaimana Caranya Susah Menghilangkan Kerak Pada Ember? Inilah Cara Gampang Membersihkan Kerak Pada Ember! Kinclong Kembali

Karena itulah, toren kerap ditumbuhi lumut. Lumut ini ada yang berwarna hijau atau hitam, menempel seperti kerak dan bisa lepas sehingga mengotori air.

Lumut adalah sekelompok tumbuhan kecil-kecil yang termasuk ke dalam kelompok Bryophytina. Karena sifat selnya yang menyerap air, lumut selalu tumbuh di tempat-tempat lembab yang memiliki kandungan air.

Ketika toren sudah berlumut, maka harus segera dibersihkan agar kandungan air selalu bersih.

Berikut enam bahan yang ampuh membersihkan lumut pada toren air.

Menggunakan cuka putih 

Cuka putih menjadi bahan pembersih lainnya untuk mengatasi lumut yang membandel pada toren air.

Campur cuka putih dengan air, lalu siramkan ke toren air, dan gosok sampai bersih.

Jangan lupa segera membilas sisa cuka dengan air hingga benar-benar bersih karena cuka bisa merusak lapisan dinding toren air bila dibiarkan terlalu lama.

Menggunakan air garam

Anda juga bisa menggunakan air garam untuk membersihkan noda lumut yang membandel pada toren air.

Baca Juga:4 Zodiak Ini Mendapatkan Keberuntungan Karier Melesat Januari 2024, Cek SelengkapnyaFakta Unik di Balik Drama Korea “Death’s Game” DiAdaptasi Dari Webtoon

Caranya, masukkan tiga sendok makan garam dapur ke dalam dua liter air bersih, lalu didihkan.

Setelah itu, siramkan larutan air garam yang mendidih pada toren air yang berlumut, kemudian sikat hingga bersih.

Menggunakan kaporit

Untuk membersihkan lumut, tumbuk kaporit sampai halus, lalu taburkan pada permukaan toren air yang berlumut.

Diamkan sampai satu jam agar reaksi kimianya bekerja maksimal.

Setelah satu jam, siram dengan air bersih dan dicuci dengan air sabun. Terakhir, bilas permukaan toren air yang sudah bersih dengan air sampai tidak terasa licin.

0 Komentar