Fasilitasi Pelaporan Warga, Panwascam Kutawaluya Bentuk Pojok Pengawasan

Panwascam Kutawaluya
Panwascam Kutawaluya membentuk Pojok Pengawasan untuk memfasilitasi pengawasan proses Pilkada 2024.
0 Komentar

KBEonline.id – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kutawaluya Kabupaten Karawang membentuk Pojok Pengawasan untuk memfasilitasi pengawasan proses Pilkada 2024 agar bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Ketua Panwascam Kutawaluya Haerudin menyampaikan, melalui Pojok Pengawasan Pilkada ini, masyarakat dapat lebih mudah untuk mencari informasi pelaksanaan Pilkada.

 

“Selain itu, masyarakat juga bisa segera melaporkan kepada kami, apabila menemukan pelanggaran-pelanggaran dalam setiap tahapan Pilkada,” ujar Haerudin, Senin, 22 Juli 2024.

 

Baca Juga:Cawalkot Tri Adhianto Panen Dukungan, Dua Kader Golkar Jadi Kandidat Wakil di PilwalkotDedi Mulyadi Dukung Pasangan Om Zen-Abang Ijo 

Ia mengatakan, Pojok Pengawasan ini didirikan untuk menjadi tempat fokus pengawasan untuk memastikan transparansi dan keberlangsungan proses Pilkada. 

 

“Lokasi Pojok Pengawasan ini berada di kantor sekretariat kami. Kami siap bertindak cepat dalam mengatasi potensi pelanggaran Pilkada dan memastikan integritas proses Pilkada tetap terjaga dengan baik,” tutur Haerudin.

 

Ia memaparkan, Pojok Pengawasan memiliki beberapa fungsi, diantaranya, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas; mendorong partisipasi masyarakat; memfasilitasi laporan dan pengaduan; menjadi pusat koordinasi; serta menjadi tempat untuk berdiskusi.

 

“Kami harap partisipasi masyarakat di perhelatan Pilkada ini bisa lebih meningkat dari Pemilu kemarin,” kata Haerudin.

 

Haerudin menerangkan, selama proses tahapan Coklit Daftar Pemilih yang masih berlangsung ini, pihaknya belum menemukan pelanggaran.

 

Namun, ada beberapa masyarakat yang datang ke Pojok Pengawasan untuk melaporkan diri karena belum terdaftar sebagai pemilih.

 

“Kemarin ada beberapa masyarakat yang lapor karena belum tercatat di daftar pemilih. Kami kemudian langsung berkoordinasi dengan PPK. Tetapi, sampai tahapan Coklit ini, kami belum menemukan pelanggaran,” ungkap Haerudin

 

Baca Juga:Partai Non-Parlemen Usung Calon Ikut Naik Panggung Pilkada PurwakartaHeboh, Damkar Karawang Tangkap Biawak Raksasa di Atap Rumah Warga

Ia menjelaskan, pengawasan yang dilakukan oleh Panwascam Kutawaluya di Pojok Pengawasan merupakan bagian dari upaya mereka untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan keberlangsungan demokrasi di Pilkada 2024. 

 

“Semoga dengan adanya pengawasan ini, proses Pilkada di Kecamatan Kutawaluya bisa berjalan dengan adil dan demokratis,” ucap Haerudin. (Siska)

0 Komentar