KBEONLINE.ID– Pada kuartal fiskal ketiga, Apple mungkin akan mulai meningkatkan pendapatannya lagi. Hal ini diperkirakan karena mereka meningkatkan penjualan iPhone di China dengan menawarkan diskon yang tidak masuk akal. Selain iPhone, berkat desain yang ditingkatkan, iPad juga mencapai margin yang tinggi.
Penjualan iPhone, yang menghasilkan sekitar setengah dari pendapatan Apple, diprediksi akan turun 2,2% dalam tiga bulan terakhir tahun 2024. Berdasarkan data LSEG, angka tersebut menunjukkan kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan penurunan 10,5% yang terjadi pada kuartal kedua.
Analis berspekulasi bahwa fase penjualan terburuk iPhone mungkin akan segera berakhir, dan mereka memperkirakan bahwa bulan September, saat Apple mengklaim bahwa mereka bersiap-siap untuk meluncurkan fitur-fitur AI di seluruh perangkatnya, kemungkinan akan ada siklus pembaruan yang signifikan untuk seri iPhone 16.
Baca Juga:Bahaya! Ternyata Bumble Rawan Dimanfaatkan Hacker Untuk Membuntuti PenggunaOPPO Reno 12 Series: Ponsel AI Canggih yang Bisa Menelepon Tanpa Internet dan Sinyal!
Menanggapi tekanan dari kembalinya Huawei di Cina, Apple memberikan diskon untuk beberapa model iPhone pada bulan Mei hingga 2.300 yuan (Rp 5,1 juta). Selain itu, India, pasar ponsel terbesar kedua di dunia setelah Cina, melihat Apple menurunkan harga iPhone untuk pertama kalinya. Selain itu, sejak beberapa waktu lalu, harga beberapa model iPhone telah mengalami penurunan di Indonesia.
Menurut analisis IDC yang dilansir dari Reuters pada Kamis, (01/08), diskon tersebut dapat membantu mengurangi penurunan penjualan iPhone di China menjadi 3,1% pada kuartal April-Juni dari penurunan 6,6% pada tiga bulan pertama tahun ini.
Menurut analis CFRA Research, Angelo Zino, “Nasib perusahaan-perusahaan sedang berubah di wilayah ini.”
Zino juga menyebutkan bahwa konsumen di pasar yang sensitif terhadap fitur akan tertarik pada inisiatif AI Apple.
Dengan tindakan yang diperhitungkan seperti ini, Apple berusaha memperkuat posisinya di pasar dunia yang menjadi semakin kompetitif, selain berusaha menghidupkan kembali penjualannya yang menurun.