Jalin Kerjasama dengan Industri, Disnakertrans Karawang Perkuat Upaya Link and Match Ketenagakerjaan 

Disnakertrans Kabupaten Karawang,
Disnakertrans Kabupaten Karawang, melanjutkan program kerjasama peluang kesempatan kerja.
0 Komentar

KBEonline.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, melanjutkan program kerjasama pemberdayaan masyarakat dan perluasan kesempatan kerja dengan sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Suzuki Indomobil (SIM) Suplier Club, Selasa (22/10).

Program ini meliputi pelatihan dan pemberdayaan masyarakat serta bantuan alat pelatihan untuk bidang garmen, servis AC, las listrik, hingga otomotif atau perbengkelan.

Dalam program ini, Disnakertrans Karawang menandatangani perpanjangan kerjasama dengan delapan perusahaan Mitra SIM Suplier Club. Diantaranya, PT. Mitra Metal Perkasa, PT. Nichiren Indonesia, PT. Arai Indonesia, PT. Putra Prima Perkasa, PT Surya Paramitha, PT. Kharisma Adiatma, PT Karya Kasih Persada.

Baca Juga:Pasangan ASIH Komit Lanjutkan Program Kobong Kang AherMomen Hari Santri, Kemenag Karawang Tingkatkan Pengawasan dan Pembinaan Pesantren

Kepala Disnakertrans Karawang, Rosmalina Dewi mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dalam rangka link and match antara perusahaan dengan masyarakat, khususnya sekolah.

“Kami mendorong agar kompetensi yang diajarkan di SMK binaan sesuai dengan kebutuhan industri pembina, sehingga serapan tenaga kerja lulusan SMK di Kabupaten Karawang lebih maksimal,” ujar Rosmalina, Selasa, (22/10) kemarin.

Rosmalina mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menghubungkan antara kebutuhan industri dengan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di Karawang. Oleh sebab itu, program semacam ini perlu didukung dan diperbanyak agar terjadi keselarasan antara industri dan calon pekerjanya.

“Kami ingin sekolah mulai memperhatikan kebutuhan di industri, begitu juga industri harus ikut andil mencetak lulusan terbaik agar bisa langsung di serap ke perusahaan,” ujarnya.

Disisi lain, Direktur PT. Chemco Harapan Nusantara Tata Herdjendra menyebut, kolaborasi antara pihak ya dengan Disnakertrans Karawang selama ini sudah berjalan dengan baik.

PT Chemco juga sudah berkomitmen untuk program berkontribusi dalam perluasan kesempatan kerja melalui pelatihan dan pemberdayaan masyarakat.

Pihaknya telah memberikan program pelatihan dan bantuan alat. Setelah pelatihan tersebut diharapkan perusahaan perusahaan di Karawang dapat memberikan order atau mensupport kebutuhan seperti menjahit pakaian seragam karyawan, service AC dan lain-lain.

Baca Juga:Dua Belas ASN Kabupaten Bekasi Dapat Penganugerahan DPRD Kabupaten Karawang, Didin Sirojudin Dorong Peningkatan Pondok Pesantren

“Potensi yang ada di perusahaan kita itu banyak, ini seharusnya bisa memunculkan pemberdayaan masyarakat. Saya rasa memaksimalkan semua potensi secara pentahelix, merupakan strategi perluasan kerja yang baik dari Disnakertrans Karawang,” kata Tata.

0 Komentar