Mahasiswa Unsika Ciptakan Drone

0

Untuk Penyalurun Bantuan Bencana dan Pencegahan Penyebaran Covid-19

KARAWANG – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah pogram yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Program ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan ide kreatif dan inovatif mahasiswa.

Permasalahan bencana alam dan pandemi Covid-19 makin hari semakin masif penyebarannya. tercatat sebanyak 6.570 kasus baru setiap harinya di Indonesia dengan total kasus sebanyak 1,4 juta penduduk terkonfirmasi positif Covid-19.

Belum lagi bencana alam yang terjadi dalam kondisi pandemi saat ini menyulitkan dalam melakukan pertolongan atau menyalurkan bantuan darurat seperti obat-obatan.

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) sering disebut sebagai “drone” coba dikembangkan teknologinya oleh mahasiswa Unsika untuk dapat memiliki fitur pencarian korban berbasis sensor panas, tabung yang dilengkapi pompa untuk penyemrotan disenfektan, dan kotak supply membawa pertolongan darurat berupa tabung oksigen mini, obat-obatan ataupun lainnya.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) Unsika berharap teknologi yang dikembangkan bisa bermanfaat untuk membantu keperluan bencana alam dalam pertolongan darurat ke daerah yang sulit di akeses jalur darat dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Universitas Singaperbangsa Karawang yang telah mendukung dan memfasilitasi riset kami dalam kegiatan PKM 2021. Semoga Drone yang kami buat bermanfaat dan membawa kami menuju PIMNAS 34,” ujar mahasiswa Unsika, Suher. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here