Bulan Ramadan tahun ini terasa spesial bagi para jaksa di Kejaksaan Negeri Karawang. Untuk kali pertama, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang bersama pada Kasie di kejaksaan datang ke mal melakukan talk show.

BIKIN TALK SHOW HINGGA LAUNCHING SI-JAKA VERSI TERBARU

KARAWANG- Bulan Ramadan tahun ini terasa spesial bagi para jaksa di Kejaksaan Negeri Karawang. Untuk kali pertama, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang bersama pada Kasie di kejaksaan datang ke mal melakukan talk show. Acara yang bertajuk ‘Jaksa Masuk Mal’ ini diselenggarakan di Auditorium Karawang Central Plaza, rabu (6/4/2022).
Di acara yang sama, turut diluncurkan si-Jaka (Aplikasi Jaksa Karawang) versi terbaru yang fitur layanannya makin lengkap dari versi sebelumnya.
Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Martha Parulina Berliana mengatakan, program Jaksa Masuk Mal bertujuan agar korps adhyaksa bisa makin dekat dengan masyarakat. Khusunya agar masyarakat bisa tahu tugas pokok dan fungsi kerja jaksa pada masing-masing seksi, darimulai seksi intelejen, pidana khusus, pidana umum, datun, dan bidang kerja lainnya.
“Para kasie menyampaikan tugasnya masing-masing, dan juga program kerja yang sedang berjalan,” kata Martha.
Selain itu, momentum pelaksanaan program Jaksa Masuk Mal yang bertepatan dengan bulan Ramadan, membuatnya melaksanakan acara talk show pada sore hari, di saat pengunjung mulai ramai mengunjungi mall baik untu sekadar ngabuburit maupun rombongan pengunjung yang akan melakukan buka bersama.
Pantauan KBE di lokasi, antusias pengunjung yang datang ke KCP cukup banyak yang mampir dan manyimak pelaksanaan talk show hingga usai. Tak hanya itu saja, peserta talk show yang juga aktif terlibat dalam sesi tanya-jawab dengan para jaksa membuat acara kian menarik disimak oleh para pengjung mall KCP.
“Saya berharap dengan adanya program ini, kesan masyarakat terhadap kejaksaan tidak lagi menyeramkan. Kini kejaksaan sudah sangat humanis, bukan cuma dalam terobosan program yang inovatif, tapi juga sarana dan prasaran di kantor kini diatur sedemikian rupa agar pengunjung betah saat datang ke kejaksaan,” kata dia.
Sementara itu, Kasie Intel Kejaksaan Negeri Karawang, Tohom Hasiholan yang juga ditugaskan oleh Kajari untuk berbicara tugas, fungsi dan program kerja yang saat ini sedang dijalankan menceritakan kepada peserta dan pengunjung talk show, jika dia dan timnya kini sedang rutin mengunjungi sekolah dan pondok pesantren melalui program jaksa masuk sekolah dan jaksa masuk pondok pesantren.
Di sekolah, kata Tohom, dia menjelaskan kepada siswa bahaya nya cyber crime dan cyber bullying bagi siswa dan meminta para siswa agar bijak menggunakan media sosial.
Lalu, Tohom juga mengatakan, selain datang ke sokolah dan pondok pesantren, ia dan timnya juga rutin datang ke desa untuk melakukan sosialisasi hukum penggunana dana desa yang bertujuan agar para kepala desa terhindar dari penyalahgunaan anggaran negara untuk pembangunan desa saat mengelola uang negara.
“Terakhir kemarin kita datang ke SMK-SMA Bhineka Karawang, melakukan sosialsiasi hukum dan penerangan hukum yang berkaitan dengan bahayanya cyber crime,” kata Tohom.
si-Jaka Versi Baru
Sementara itu, Aplikasi Jakasa Karawang (si-Jaka) versi terbaru kini memiliki lebih banyak fitur dan layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di antaranya, seputar layanan tilang, laporan pengaduan (lapdu) daring pelanggaran hukum, wisthleblowing system, informasi seputar peraturan perundang-undangan, informasi perkara yang sedang ditangani kejas=ksaan, informasi jadwal sidang, pelaynan hukum gratis, pengajuan lpembuatan surat keterangan tidak berperkara, layanan barang bukti, kanal zona integritas, klinik kesehatan kejaksaan (Klijama), juga kolom indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja kesajsaan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here