Tips Hindari Perilaku Impulsive Buying agar Tidak Menyesal Setelah Membeli

Tips Hindari Perilaku Impulsive Buying (Pixabay: gonghuimin468)
Tips Hindari Perilaku Impulsive Buying (Pixabay: gonghuimin468)
0 Komentar

1. Tunda pembelian selama 30 hari

Salah satu cara untuk mencegah impulsive buying adalah dengan menunda pembelian selama 30 hari. Tips ini cukup sederhana, tetapi efektif untuk mencegah impulsive buying.

Ketika kamu melihat sesuatu yang ingin kamu beli, tuliskan barang tersebut dalam daftar. Kemudian, tunggu selama 30 hari. Jika setelah 30 hari kamu masih ingin membeli barang tersebut, maka kamu memang membutuhkan barang tersebu.

Dengan melakukan hal ini, kamu dapat memastikan bahwa barang yang ingin kamu beli memang benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga:Sebabakan Boros, Kenali Tanda Impulsive Buying agar Terhindar dari Perilaku KonsumtifHati-hati, Yuk Kenali Apa Itu Impulsive Buying Beserta Tandanya!

2. Batasi akses ke ecommerce

Ecommerce dapat menjadi salah satu faktor pendorong impulsive buying karena memudahkan kamu dalam berbelanja.

Ecommerce dapat membuat kamu lebih mudah untuk berbelanja. Hal ini karena ecommerce menawarkan berbagai kemudahan, seperti tampilan yang menarik, rekomendasi produk yang terus-menerus muncul, dan diskon yang tinggi.

Oleh karena itu, batasi aksesmu ke ecommerce, terutama ketika kamu sedang merasa impulsif.

3. Ingat kembali tujuan keuanganmu

Jika kamu memiliki tujuan keuangan tertentu, ingatlah tujuan tersebut ketika kamu ingin membeli sesuatu.

Misalnya, jika kamu ingin menabung untuk membeli rumah, ingatlah bahwa uang yang kamu gunakan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan akan memperlambat pencapaian tujuanmu. Hal ini dapat membantumu untuk menahan diri dari impulsive buying.

4. Pertimbangkan fungsi barang yang ingin kamu beli

Sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan terlebih dahulu fungsi dari barang tersebut. Apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan?

Jika barang tersebut hanya sekadar keinginan, pikirkan kembali apakah keinginan tersebut sepadan dengan uang yang harus kamu keluarkan.

Baca Juga:Mengenal Mindset FIRE (Financial Independence, Retire Early) untuk Menuju Financial FreedomKeluar Fatwa Haram MUI, Daftar Produk yang Masuk Aksi Boikot

5. Hindari berbelanja saat sedang stres

Stres dapat membuat kamu lebih mudah untuk membuat keputusan yang tidak rasional. Oleh karena itu, hindari berbelanja saat sedang stres.

Jika kamu merasa stres, cobalah untuk melakukan hal lain yang dapat membantumu untuk menenangkan diri. Misalnya seperti mendengarkan musik, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kamu cintai. Dengan demikian, impulsive buying  bisa kamu hindari.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghindari impulsive buying.***

0 Komentar